PLEASE DISABLE YOUR ADBLOCK OR DNS BLOCKED FOR SUPPORT THIS SITE!

Blog Inspirasi Digital

Blog Inspirasi Digital

Tutorial Mikrotik, Hotspot, Blog, SEO, WEB 2.0, HTML, CSS, Javascript dan Inspirasi Digital

Attention Please...

Beberapa kali saya menerima pesan email dari rekan blogger yang isinya mengatakan bahwa terjadi pesan kesalahan pada blog mereka setelah mencoba beberapa tutorial milik saya, pesan yang disampaikan rata-rata rada aneh (maaf), salah contoh pesan "masa gara-gara pasang Read more semua gambar diblog jadi hilang" dan  ada juga yang menyampaikan pesan yang membuat saya tersenyum "oom, gara gara pasang social bookmarking elo, google adsense gua jadi gak keluar alias kaga muncul???" yang lebih lucu lagi si pengirim dengan cueknya ngirim pesan kedua yang isinya "om kok gak dibalas sih, jangan menghindar dong...dasar gak tanggung jawab!!". Alamak....apa yang harus saya jawab dan apakah pantas tutorial saya disalahkan dalam hal ini mengingat secara tidak langsung tidak ada hubungannya sama sekali dengan pesan kesalahan (Privasi: nama pengirim sengaja tidak saya cantumkan)


Rekan semua mungkin bisa memahani dan memaklumi kenapa saya tidak akan membalas pesan tersebut dengan alasan apapun. Bukannya saya pelit memberi penjelasan dan pencerahan,  Saya menyadari blogger baru biasanya mengalami kepanikan jika terjadi kesalahan, namun sebelum menyalahkan tutorial saya sebaiknya bertanya dulu kepada sahabat blogger yang sudah mencoba, apakah mereka juga mengalami hal yang sama, jika jawabannya "ya" barulah berikan informasi kepada saya mengenai pesan kesalahan tersebut, maka dengan senang hati akan memperbaikinya dan  sekali lagi saya memaklumi kepanikan sebagai blogger baru.


Sebagai blog tutorial personal, blog saya hanyalah tempat berbagi ilmu dan sebagai media informasi saja, blog saya bukan E-Learning sebagai media belajar secara resmi. Blog tutorial saya bukanlah guru, dosen apalagi sebagai staff pengajar pribadi, saya berpikir dan bekerja keras menyajikan informasi yang menurut saya pantas disampaikan dan tidak asal-asalan, dibidang ini saya bukanlah profesional karena saya tidak dibayar secara khusus. Mengenai pemikiran berupa ide, opini dan gagasan dari saya boleh saja di protes dan dikritik dan sebaiknya dibenarkan jika salah, tapi tidak untuk disalahkan dengan alasan yang tidak jelas. Dalam hal materi tulisan yang disampaikan mungkin ada kesalahan dan jauh dari kesempurnanan, namun sebelum kita menyalahkan sebaiknya harus punya alasan yang kuat ya, walaupun hanya dalam media blog ini juga perlu diperhatikan karena sangat berpengaruh terutama pada kualitas mutu pribadi kita di kemudian hari.


Sedikit informasi, sebagian tutorial yang saya sampaikan memang bukan murni pemikiran pribadi..terutama pada koding blogger hack, semua referensi saya kumpulkan dan dirangkum jadi satu, semua sudah mengalami seleksi terutama dalam hal modifikasi pembaharuan guna mendapatkan tutorial yang lebih simple dan berbobot, begitu juga materi yang saya sampaikan dengan penjelasan yang di buat sesederhana munkin agar bisa lebih dimengerti, semua koding dan info yang saya sampaikan telah mengalami tahapan uji coba, jadi tidak hanya asal tulis :) sebenarnya jika mengikuti intruksi dengan benar saya yakin kesalahan dalam koding bisa lebih diminimalkan.


Akhir kata, mudah-mudahan pesan ini bisa jadi hikmah buat kita semua dan bisa jadi bahan masukan buat blog tutorial lain jika mengalami hal yang sama. Buat yang merasa pesannya saya sampaikan diatas saya yakin bisa memakluminya. Saya sangat menjaga privasi, jadi saya tidak akan pernah mempublikasikan nama pengirim pesan. Kalau ngerasa tulisan diatas rada menyinggung saya minta maaf yang sebesar-besarnya, walau sesungguhnya dalam hal ini saya pribadi lebih tersinggung, tapi inilah oom :)

BERI KOMENTAR

Maaf untuk sementara waktu komentar di blog ini di nonaftifkan.

 

Back to Top