PLEASE DISABLE YOUR ADBLOCK OR DNS BLOCKED FOR SUPPORT THIS SITE!

Blog Inspirasi Digital

Blog Inspirasi Digital

Tutorial Mikrotik, Hotspot, Blog, SEO, WEB 2.0, HTML, CSS, Javascript dan Inspirasi Digital

Melacak "Web Bugs" Pada Halaman Web Via Ghostery

Pemilik blog/site (admin) yang sudah berpengalaman biasanya selalu menyimpan rahasia tersembunyi dibalik halaman web mereka.  Rahasia ini selalu terkunci rapat tanpa satu orangpun yang mengetahuinya melaikan si admin itu sendiri. Banyak alasan kenapa admin melakukan hal ini. Salah satunya mungkin sebagai jebakan ke pada para pesaing yang biasanya hadir secara siluman tanpa ingin jejaknya diketahui atau ada juga pemilik yang tidak ingin menampilkan web counter jumlah pengunjungnya secara terang terangan. Anda pasti pernah melihat halaman web yang secara kasat mata tidak menampilkan item/widget sama sekali, tanpa anda sadari sebenarnya dibalik halaman tersebut tersimpan berbagai macam script, link, image atau layanan service lainnya yang memang sengaja disimpan dalam status hidden.



Salah satu alasan kenapa web admin secara sengaja memanamkan "Web bugs" pada Blog/Site-nya, kemungkinan besar hanya untuk keperluan keamanan saja. Karena tidak semua item yang diklasifikasikan sebagai web bug itu berbahaya khan? salah satu Web bug biasanya terdiri dari small image yang berukuran 1-by-1 pixel, kadang memang sengaja dibuat transparan layaknya warna background web. Web bugs bisa juga disebut clear gifs atau tracking pixel adalah cara lain untuk men-track aktivitas pengguna di internet, dan biasanya web bugs ini memang selalu disembunyikan.


Ghostery merupakan Add-ons Firefox yang memungkinkan anda untuk melacak halaman website/blog yang terdeteksi mengandung Web bugs. Ghostery saat ini mampu melacak 100 kemungkinan dari berbagai jenis web bug yang ada. Saat anda membuka halaman web yang terdeteksi mengandung web bug saat itulah plugin Ghostery melaporkan kepada anda dengan memberi peringatan ditandai dengan kemunculan jendela berwarna ungu yang isinya berupa daftar bug.

Sebagai contoh, bila admin berusaha menyembunyikan hidden script seperti sitemeter, amazon, polldaddy, mybloglog dan berbagai jenis iklan yang tergabung dalam Doubleclick tetap dapat dilacak dengan mudah dan tentu anda dapat melihat informasi lain yang sekiranya disembunyikan.

Sekali lagi saya terangkan tidak semua laporan yang ditampilkan merupakan daftar bug yang berbahaya. Karena tugas Ghostery disini hanya untuk mencari, melacaknya lalu menampilkan informasinya yang mungkin berguna buat pengunjung.


Contoh Web Bugs yang terdekteksi di blog o-om.com


Untuk mempelajari lebih jauh mengenai apa itu web bugs, anda bisa mempelajarinya di alamat ini WEB BUGS

BERI KOMENTAR

Maaf untuk sementara waktu komentar di blog ini di nonaftifkan.

 

Back to Top