Blog Inspirasi Digital

Blog Inspirasi Digital

Tutorial Blog, SEO, WEB 2.0, HTML, CSS, Javascript dan Inspirasi Digital

Belajar mengedit CSS tanpa masuk halaman Edit HTML

Bagaimana melakukan ujicoba mengedit CSS Template Blogger tanpa harus membuka dan menyimpan halaman Edit HTML berulang kali?

Pengaturan CSS template blogger merupakan hal utama untuk mempercantik tampilan halaman blog, namun acap kali mengedit CSS kadang melelahkan dan membosankan, terutama terlalu seringnya melakukan bongkar pasang kode, edit sana sini, belum lagi kita membuka dan menyimpan  halaman Edit HTML berulang kali,  tentu saja buang2 waktu..yang jelas kita tidak pernah puas sampai menemukan tampilan terbaik. Tuntutan utama tampilan blog tentu saja tidak lepas dari bagaimana agar blog kita bisa tampil sempurna di semua browser, Mengambil kata para WebMaster "untuk apa tampil cantik di browser Mozilla dan koloninya tapi tampil ancur ancuran di browser lainnya", jelas satu point akan berkurang dan tentu rekan gak mau hal ini terjadi kan.


Apakah kita tetap memaksakan cara classic diatas?


Ups tentu saja tidak...Pasti saya akan berusaha mencari solusi terbaik untuk pembaca setia blog ini. Cukup cuap-cuapnya OM...OK lanjut...Sebenarnya ada cara yang sangat mudah mengedit  CSS tanpa harus masuk bolak balik ke halaman Edit HTML, dimana kita hanya perlu membuka halaman blog lalu mengedit kode CSS secara live (Online) tanpa perlu takut terjadi kesalahan dan error, yang kita perlukan hanyalah tools buatan Chrispederick yang di beri nama Web Developer tools ini lah yang akan membantu meringankan tugas kita mengedit Code CSS di blogger. Cuma blogger? tidak hanya blogger, hampir semua dukungan pada kode CSS bisa digunakan. Perlu rekan ketahui tools ini hanya support untuk Browser Seamonkey, Firefox dan Flock (Firefox extention). Tools Web Developer juga tidak hanya untuk mengedit CSS, namum masih banyak fungsi lain yang bisa digunakan.


Bagaimana mengedit CSS dengan Web Developer?


1. Aktifkan Browser Firefox atau Flock lalu Download Web Developer

2. Kemudian lakukan installasi sesuai petunjuk, jika sudah terinstall maka akan muncul Toolbar Web Developer dengan munculnya menu icon

3. Untuk mengedit CSS tuju saja ke icon CSS -> lalu klik Edit CSS maka akan muncul jendela baru Edit CSS

4. Ada beberapa tab pilihan yang bisa digunakan untuk mencoba mengedit CSS, sebaiknya langsung tuju ke Embedded Styles disinilah Code CSS Blogger yang siap kita acak-acak tanpa takut terjadi kesalahan.

5. Untuk mempermudah mengetahui lokasi kode CSS yang ingin di edit, rekan tinggal mengaktifkan saja fungsi Style Information caranya  klik  icon CSS -> lalu klik Style Information.

6. Jangan lupa arahkan mouse untuk mencari lokasinya, pada jendela baru akan muncul informasi dari kode CSS yang ditemukan

7. Silahkan diacak-acak kode CSS kalian sampe ancur, kalo masih ada kesalahan dan ingin mengedit kembali, tinggal tutup saja lalu buka kembali Edit CSS-nya, mudah khan :)


Sekali lagi yang perlu rekan perhatikan bahwa tools diatas hanyalah alat bantu untuk mempermudah kita mencoba mengedit CSS, Tools diatas bukan otomatis melakukan perubahan, untuk hasilnya akhir kode CSS yang sudah diedit tetap harus di simpan secara manual pada halaman Edit HTML. Maaf kalo saya tidak memberikan infomasi lengkap mengenai Cara Coding CSS Syntax pada template blogger, jika ada pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar :)

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak dan sesuai dengan topik artikel :)
 

Back to Top