Blog Inspirasi Digital

Blog Inspirasi Digital

Tutorial Mikrotik, Hotspot, Blog, SEO, WEB 2.0, HTML, CSS, Javascript dan Inspirasi Digital

Opini : Saya bukan penulis yang baik, apakah saya bisa menjadi seorang blogger?

Ini merupakan pertanyaan yang paling sering dirasakan oleh para blogger baru, hal inilah yang membuat para penulis baru enggan menuangkan semua ide dan pemikirannya pada sebuah blog lantaran malu dan merasa rendah diri jika tulisannya dirasa tidak bermutu. Suatu pemikiran yang salah jika kita merasa tidak percaya diri terlebih dahulu sebelum kita mencobanya, karena jika kita belum mencoba kita tidak akan tau sebatas mana kemampuan yang ada dalam diri kita, teruslah menggali kemampuan tersebut karena masing-masing orang pasti mempunyai pemikiran dan ide-ide cemerlang.

Hal diatas juga pernah terjadi pada saya ketika pertama kali membuat blog.
Banyak kendala yang saya hadapi, di mulai dari rasa malu menuangkan ide serta tidak percaya diri dalam menulis. Jujur saja sampai sekarang saya merasa tulisan saya tidak begitu sempurna dan masih ada kata-kata yang terlalu baku, saya sadar akan hal itu. Namun kendala tersebut tidak menyurutkan niat saya menjadi penulis, yang terpenting disini kita harus berusaha menuangkan ide dan pemikiran kita, jangan sampai hanya karena tidak percaya diri ide-ide tersebut tidak bisa kita tuangkan kedalam tulisan.

Saya bukan penulis yang baik, apakah saya bisa menjadi seorang blogger? Kenapa tidak! Yang saya ketahui seorang blogger tidak dilihat dari gaya penulisannya melainkan bagaimana ia menuangkan semua ide dan pemikirannya melalui tulisan. Yang jelas hampir semua blogger baru mengalami hal yang sama ketika memulai menulis pada blog, tidak terkecuali blogger professional, kalo tidak percaya lihat saja postingan pertama pada blog mereka bandingkan dengan gaya penulisan mereka sekarang ini pasti ada perbedaan, kecuali mereka (blogger professional) memang ber-profesi sebagai penulis sebelumnya jelas ini beda :)

Beberapa alasan tidak percaya diri menuangkan tulisan pada blog :
- Merasa tidak dapat menulis dengan baik.
- Tidak percaya diri dan merasa tulisanya tidak berguna.
- Malu! merasa idenya sudah pernah diposting orang lain.
- Tidak menguasai topik yang akan dibahas.
- Tulisan atau ide yang akan diposting berasal dari artikel orang lain (Tidak masalah selama kita menuliskan nama sumbernya)

Bagaimana cara meningkatkan percara diri dengan memperbaiki tulisan kita pada blog :
- Teruslah menulis, semakin banyak pengalaman kita dalam menulis maka akan semakin baik gaya penulisan kita.
- Sering-seringlah membaca buku, majalah, koran atau blog yang sudah terkenal, pelajari gaya tulisan yang telah mereka buat.
- Yakinlah pada diri kita sendiri kalo kita juga mampu menjadi penulis yang baik.
- Tunjukan kepada orang lain kalo kita juga punya potensi untuk menuangkan ide melalui tulisan.
- Buang rasa tidak percaya diri pada diri kita, berpikirlah bahwa kenapa yang lain aja bisa kenapa kita tidak!
- Tulis apa saja yang ingin kita tulis, bisa berupa ide, tips, kejadian hari ini, berita yang ingin disampaikan atau hanya sekedar catatan harian
- Jangan lupa perhatikan gaya tulisan kita selama ini. Perhatikan juga tanda bacanya apa sudah benar?

Semoga tulisan diatas berguna dan dapat memacu kita dalam menuangkan ide dan pemikiran kita melalui tulisan. Thanks (oom)

13 komentar:

  1. Anonim16/10/07

    nice article..untung saya orangnya gk malu2 nuangin pikiran saya di blog antiteori. O ya om backlink yuk..saya uda add link blog om sebelumnya, ditunggu ya backlink nya..trims =)

    BalasHapus
  2. Anonim16/10/07

    Saya rasa km dah pas untuk terbitin buku...Tulisan kamu bgs2...Survive Trz...

    BalasHapus
  3. Anonim16/10/07

    thanks atas komentarnya..kalo jadi penulis buku kayaknya masih terlalu jauh. sebenarnya bidang om bukan di blogger tapi d programmer :)

    BalasHapus
  4. Anonim17/10/07

    boleh juga nih artikelnya tapi aku agak males nulis / posting baru soalnya tampilanku (templete )terlalu umum . aku mau tanya untuk cara mendapatkan templete seperti o-om gimana carinya aku udah cari di categori templete gratis kok ngak ada yang mirip blog ini , siapa tahu bisa membangkitkan selera menulis. trims --- selamat idul fitri mohon maaf lahir batin ---

    BalasHapus
  5. Anonim17/10/07

    waahh kalo mas dion merasa template merupakan syarat dalam buat blog. coba lihat di template gratis dalam menu blog ini thanks mudahan cukup membantu

    BalasHapus
  6. baca postingan ini... tiba2 jd malu sendiru...secara saya mah kalo psting yah asal nulis ajah apa yg ada dihati, tanpa mikir strukturnya baek ato gak

    BalasHapus
  7. Anonim21/10/07

    pro: ichaawe, bener! keluarkan aja semua uneg-uneg atau semua yang ada dalam pikiran kita. lagian blog kita sendiri ngapain diambil pusing :)

    BalasHapus
  8. Anonim25/2/08

    Malu dan takut salah memang penyakit utama yang mengahalangi pemula dalam menulis blog, termasuk saya.

    Saya setuju dengan saran agar terus menulis dan menulis. Semakin banyak menulis akan semakin banyak kekurangan yang terlihat. Jadi kita makin tahu yang perlu diperbaiki.

    Trial and error gituuu...

    Sering bertanya dan terbuka atas kritik juga sangat membantu.

    Keep blogging guys, tulis dan tulis teruuuss!

    BalasHapus
  9. Anonim28/10/08

    aku nih orang udik, jadi baru kenal hal-2 beginian kemarin sore, tapi aku coba akan terus belajar om...thanks:_/

    BalasHapus
  10. Anonim28/10/08

    aku malah pingin tanya pertanyaan jadul om,bagaimana bikin blog?;))

    BalasHapus
  11. Anonim17/11/08

    mas...bagai mana sih memperkaya dan mengkreasikan blog.....dan biar blog kita terkenal ...

    BalasHapus
  12. Anonim10/12/08

    mas saya sudah punya blog di blogger.tapi saya gak bisa mengkreasikan blog saya...saya pengen punya blog yang bisa dilihat semua orang.Mas,di blogger kan ada yang nama nya situs.situs tsb untuk apa sih mas,,,,,trus...gimana caranya agar situs saya bisa dilihat semua orang ....
    tlng bls ya mas....

    BalasHapus


 

Back to Top