PLEASE DISABLE YOUR ADBLOCK OR DNS BLOCKED FOR SUPPORT THIS SITE!

Blog Inspirasi Digital

Blog Inspirasi Digital

Tutorial Mikrotik, Hotspot, Blog, SEO, WEB 2.0, HTML, CSS, Javascript dan Inspirasi Digital

Opini : Saya bukan penulis yang baik, apakah saya bisa menjadi seorang blogger?

Ini merupakan pertanyaan yang paling sering dirasakan oleh para blogger baru, hal inilah yang membuat para penulis baru enggan menuangkan semua ide dan pemikirannya pada sebuah blog lantaran malu dan merasa rendah diri jika tulisannya dirasa tidak bermutu. Suatu pemikiran yang salah jika kita merasa tidak percaya diri terlebih dahulu sebelum kita mencobanya, karena jika kita belum mencoba kita tidak akan tau sebatas mana kemampuan yang ada dalam diri kita, teruslah menggali kemampuan tersebut karena masing-masing orang pasti mempunyai pemikiran dan ide-ide cemerlang.

Hal diatas juga pernah terjadi pada saya ketika pertama kali membuat blog.
Banyak kendala yang saya hadapi, di mulai dari rasa malu menuangkan ide serta tidak percaya diri dalam menulis. Jujur saja sampai sekarang saya merasa tulisan saya tidak begitu sempurna dan masih ada kata-kata yang terlalu baku, saya sadar akan hal itu. Namun kendala tersebut tidak menyurutkan niat saya menjadi penulis, yang terpenting disini kita harus berusaha menuangkan ide dan pemikiran kita, jangan sampai hanya karena tidak percaya diri ide-ide tersebut tidak bisa kita tuangkan kedalam tulisan.

Saya bukan penulis yang baik, apakah saya bisa menjadi seorang blogger? Kenapa tidak! Yang saya ketahui seorang blogger tidak dilihat dari gaya penulisannya melainkan bagaimana ia menuangkan semua ide dan pemikirannya melalui tulisan. Yang jelas hampir semua blogger baru mengalami hal yang sama ketika memulai menulis pada blog, tidak terkecuali blogger professional, kalo tidak percaya lihat saja postingan pertama pada blog mereka bandingkan dengan gaya penulisan mereka sekarang ini pasti ada perbedaan, kecuali mereka (blogger professional) memang ber-profesi sebagai penulis sebelumnya jelas ini beda :)

Beberapa alasan tidak percaya diri menuangkan tulisan pada blog :
- Merasa tidak dapat menulis dengan baik.
- Tidak percaya diri dan merasa tulisanya tidak berguna.
- Malu! merasa idenya sudah pernah diposting orang lain.
- Tidak menguasai topik yang akan dibahas.
- Tulisan atau ide yang akan diposting berasal dari artikel orang lain (Tidak masalah selama kita menuliskan nama sumbernya)

Bagaimana cara meningkatkan percara diri dengan memperbaiki tulisan kita pada blog :
- Teruslah menulis, semakin banyak pengalaman kita dalam menulis maka akan semakin baik gaya penulisan kita.
- Sering-seringlah membaca buku, majalah, koran atau blog yang sudah terkenal, pelajari gaya tulisan yang telah mereka buat.
- Yakinlah pada diri kita sendiri kalo kita juga mampu menjadi penulis yang baik.
- Tunjukan kepada orang lain kalo kita juga punya potensi untuk menuangkan ide melalui tulisan.
- Buang rasa tidak percaya diri pada diri kita, berpikirlah bahwa kenapa yang lain aja bisa kenapa kita tidak!
- Tulis apa saja yang ingin kita tulis, bisa berupa ide, tips, kejadian hari ini, berita yang ingin disampaikan atau hanya sekedar catatan harian
- Jangan lupa perhatikan gaya tulisan kita selama ini. Perhatikan juga tanda bacanya apa sudah benar?

Semoga tulisan diatas berguna dan dapat memacu kita dalam menuangkan ide dan pemikiran kita melalui tulisan. Thanks (oom)

BERI KOMENTAR

Maaf untuk sementara waktu komentar di blog ini di nonaftifkan.

 

Back to Top