Blog Inspirasi Digital

Blog Inspirasi Digital

Tutorial Mikrotik, Hotspot, Blog, SEO, WEB 2.0, HTML, CSS, Javascript dan Inspirasi Digital

Banyak Port Game Dalam Mangle Mikrotik Akan Membebani CPU Router?

Apa dengan memasukan banyak port game akan membebani CPU router? kalo ada yang bilang iya berarti belum memahami konsep firewall, pada kenyatannya firewall pada mikrotik hanya membatasi include 15 port dalam satu baris tidak lebih dari itu, lalu bagaimana dengan port dibawahnya? jika baris pertama menggunakan passthrough=yes maka akan dilanjutkan ke port baris berikutnya, begitu seterusnya sampai paket tersebut bener2 ditandai kedalam packet mark.

Ada yang mengatakan menggunakan port game tergolong teknik jadul, entah jadul seperti apa yang di maksud atau memang dia tidak punya list port game sama sekali :D



Lalu bagaimana dengan teknik menggunakan port selain game? sebagai contoh !80,21,22,23,443,500-1000...dst..Edan! jujur saja ini sesuatu yang konyol, bagaimana mungkin bisa diterapkan, bagaimana bisa mengetahui port ini adalah port selain game, karena ada ribuan custom port selain port default yang terdaftar dalam list TCP/IP. hati2 menggunakan konsep ini jika menggunakan 2 line apalagi sebagai cara untuk pisah jalur antara game dan bukan game, salah2 banyak port yang bocor, efeknya bukan tambah bagus malah makin jelek.

Lalu bagaimana solusinya? clue dari saya bisa dengan menggunakan 2 konsep filtering, yang menggunakan setingan saya pasti sudah tidak asing, karena didalamnya sudah ada 2 yaitu port game dan port selain game, kenapa harus ada 2? konsep ini perlu dilakukan untuk menandai bahwa port yang digunakan bener2 port game, jika bukan port game maka dilanjutkan ke filter berikutnya yaitu port selain game. disini kalian harus memahami lagi nilai besaran packet sebelum menyatakan bahwa itu adalah paket game, karena pada kenyatannya tidak ada game dengan trafik diatas 2Mbps selain hanya game roblox yang saya temui sampai saat ini.

Tunggu update 2020 saya sudah menyiapkan traffic shaping dengan konsep yang lebih sangar dan lebih ramah dengan semua router apapun tipenya. selalu kunjungi halama facebook saya https://www.facebook.com/buananetmikrotik/

BERI KOMENTAR

Maaf untuk sementara waktu komentar di blog ini di nonaftifkan.

 

Back to Top