Blog Inspirasi Digital

Blog Inspirasi Digital

Tutorial Mikrotik, Hotspot, Blog, SEO, WEB 2.0, HTML, CSS, Javascript dan Inspirasi Digital

Bagaimana cara memberi komentar yang baik?

Jika anda seorang blogger, pasti anda sering mengunjungi blog orang lain dan meninggalkan sebuah komentar. Entah itu memang untuk mengkritik, ataupun sekedar meninggalkan backlink pada komentar berstatus Dofollow. Sadar atau tidak, komentar yang kita tinggalkan berpengaruh terhadap kredibilitas kita dan blog yang kita komentari. Jika anda hanya memberi komentar yang terlewat simple, seperti :


"Thanks atas infonya" atau "Bagus banget artikel ini!"

Maka sebenarnya komentar tersebut tergolong komentar sampah (junk comment). Blog yang dipenuhi komentar tersebut akan terlihat sebagai sarana menebar backlink saja sehingga pengunjung akan mengira bahwa postingan blog tersebut kurang mendapat perhatian special.


Perhatikan contoh komentar berikut :


"Saya kira permasalahan yang dibahas kali ini lumayan penting untuk blogger yang masih pemula. Tetapi ada satu hal yang saya tidak setuju, yaitu tentang backlink. Bukankah guest posting adalah salah satu metode mendapat backlink dan trafik yang paling efisien?"


Terlihat berkualitas bukan? Cobalah kunjungi Problogger.net, blog terpopuler didunia untuk kategori blogging tips, maka anda akan menemukan beratus-ratus komentar yang berkualitas dan tidak asal-asalan. Mereka melakukan itu demi menjaga harga diri mereka sebagai blogger, bukan sebagai junker.


Bagaimana cara memberi komentar yang berkualitas? Berikut adalah tips-nya:


1. Berikan pendapat anda tentang topik yang dibicarakan
2. Jika anda punya pertanyaan, tanyakanlah di kolom komentar.
3. Jika anda punya saran ataupun kritik, jangan segan-segan. Kritik sangat diperlukan para blogger.
4. Jika mampu, buatlah komentar minimal 2 baris. Jika tidak, yang penting bermutu.
5. Ketiklah dengan menggunakan aturan menulis yang baik (huruf kapital, koma, titik, spasi, dll.)
6. Usahakan hanya meninggalkan satu backlink saja, backlink yang terlalu banyak akan menimbulkan kesan junk comment.
7. Selalu baca postingan terlebih dahulu! Walaupun hanya sekilas, setidaknya komentar kita tidak keluar dari topik pembicaraan.


Komentar mewakili diri anda sebagai blogger, jadi perbaikilah cara anda berkomentar.

 

Artikel ini ditulis oleh Reza Winandar dari Blogger Make Money, sebagai Blog Guest di o-om.com.

192 komentar:

  1. Ini komentar yang baik gak mas :p pertamaxx

    BalasHapus
  2. Hanya itu saja Om?? kalo boleh , tambah OM hehe :D

    BalasHapus
  3. Yep setuju bgt tuh om.....klo komentar kita jg bermutu, tentunya jg bakal menarik perhatian pembaca lain untuk mampir di blog kita. Tp rasanya susah bgt untuk menghilangkan junk komen...apalagi di blog do follow...hampir 90% komentarnya asalan2. Tp tergantung jg c ama isi artikel si empunya blog...klo artikel cm asal2an tentu yg ninggalin komen jg asal2an...halah

    BalasHapus
  4. asli tuh om, komen model junk bener2 memenuhi isi kotak komen blog aku.....

    BalasHapus
  5. ya ya ya, petromax sekaraang. Biar lebih terang..

    Jadi untuk menindaklanjuti artikel di atas bisa disimpulkan kata 'pertamax,,, manteb nih infonya' adalah termasuk junk comment.. ya nggak, kang?? http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/24.gif

    BalasHapus
  6. Wah seeps banget totornya. .
    Betul tuh dimana mana banyak komentar yang isinya ngejunk.
    Mulai skerang akan beri komentar yang berbobot. . .

    BalasHapus
  7. Infonya mantap ni om...

    BalasHapus
  8. Owh jdi gtu ya om...tpi gmana ya cranya dpat koment2 yg bermutu dan berkualitas. Kadang di blogku jg yg koment cuma bilang thanx duank.

    BalasHapus
  9. Waduh gimana ya OM, gaggg bisa guyonan dunk coment - nya kalo OM bikin postingan ini.

    Bice info OM

    BalasHapus
  10. wah oom NYINDIR saya neh :(
    saya kebanyakan seperti itu oom...

    Tapi setelah menmbaca metode ini sungguh mengGugah HATI saya...untuk bertobat :) dan memberikan komentar yang bagus dan berkualitas seperti saran oom

    THANKS

    BalasHapus
  11. Jadi bingung. Mo tanya om, gimana caranya mmbuat soal PG/essay di blog, kemudian jawabannya langsung terkirim ke email? Makasih om..

    BalasHapus
  12. Tapi mas.. kdang kadang kita melakukan hal seperti itu bukan dengan maksud menyepam, tetapi mungkin sebagai balasan karena si penulis udah memberi koment di artikel kita, sementara kita tidak ngeh dengan artikel yang penulis tulis, lha untuk membalas perhatian pemberi koment kita menulis kata " makasih artikel yang bagus" kayae sah sah saja mas

    BalasHapus
  13. ya saya sih sepakat Om.... komentar itu mncirikan yg berkomntar.. kita bisa mnilainya dari komentar yg diberikan...
    tapi kita juga tidak berburuk sangka kepada saudara kita kita itu Om.... kadang kala saya mengalaminya... yaitu apabila koneksi internet lemot... yang... paling cuma koment sebagai syarat... tapi kdepannya semoga saja.. Blogger Indonesia baik yg pmula maupun yg ok punya.. punya budaya yg baik dalam saling brinteraksi di blogosper,,,

    BalasHapus
  14. benar sekali om, komentar yang berkualitas untuk artikel yang berkualitas juga om. yah namanya juga orang om, pengen enaknya aja, numpang backlink doank, hehe.

    BalasHapus
  15. Chad. Thanks for #8. I’ve been holding off using adsense for just those reasons. I’d much rather have full control over the ads so that I can offer them to my readers from a place of integrity. Sure, my readers can take care of themselves, but you’ve got to wonder how it damages credibility if a reader clicks on an ad that turns out to be totally off-topic, spammy or scammy.

    BalasHapus
  16. setuju om,.hehe ikut2an..jujur aku baru belajar ngblog neh..berkat baca postingan om aku baru tau tentang etika berkomentar dalam blog,ternyata ga sembarangan ya,ada aturannya,yah klo dalam ilmu ekosistem tepatnya simbiosis mutualisme..wow thanks ya om

    BalasHapus
  17. kalo pertamax <--- ini junk food ato junk comment ¿ ... beda tradisi beda kebiasaan, awal sesuatu adalah titi jalan kita selanjutnyah...aye aye boombastis, penomenal, faktual

    BalasHapus
  18. Setujuuu... saya dukung, saya kadang juga kesel sama junker ( walaupun saya kadang juga junk.. hehehe )

    tapi nga pernah saya hapus juga sih.. itung2 hapus dosa saya.. huahahaha

    BalasHapus
  19. Hmm Ide tentang adanya Blog Guess di O-om.. Sama2 Win-win solution..

    BalasHapus
  20. hahahaha. kadang aku ngakak sendiri kalo ada yang ngeJunk gitu. ya walaupun aku sendiri kadang ngeJunk.

    apalagi pas saat2 banjir kontes, pasti banyak comment aneh bin ajaib. spam ya spam asal masih pake etika. x)) baca dulu artikelnya baru deh ngeJunk, sapa tau dapet pengetahuan tambahan.

    BalasHapus
  21. Quota: "Komentar mewakili (kualitas) diri anda sebagai blogger" ... Daku sangat sependapat dengan quota ini. Tapi daku paham... tidak mudah membuat komentar yang berbobot. Bagiku lebih sulit membuat komentar yang berbobot dibanding bikin template! Tak apa deh ..mari kita terus belajar berkomentar ... Trims sarannya, Bang, walau kena "cubit" dikit!

    BalasHapus
  22. Setuju banget Om, sepertinya ini akan menjadi pelajaran buat saya dalam hal memberikan komentar yang lebih baik di blog milik orang lain.

    Dengan demikian pemilik blog tersebut akan lebih respek dengan komentar yang ditulis dalam kalimat yang sopan

    BalasHapus
  23. trimakasih artikelnya untuk berkomentar yang baik,untung pagi ini aku mampir jadi tambah pengetahuan

    BalasHapus
  24. kadang2 memang agak susah membuat komentar yang berkualitas pada sebuah postingan blog, karena tidak tahu apa yang harus dikomentari :D tapi karena postingan blog itu memang bermanfaat, jadinya kita berterimakasih saja atas informasi yang terlah diberikan.

    BalasHapus
  25. Bener banget tuh om. Percuma aja klo blog kita komentarnya banyak tapi isinya cuma "Pertamax, Keduax, Ketigax dan seterusnya". Klo "nice info, artikelnya bagus" sie saya rasa sah-sah aja. Karena sebagian orang (termasuk saya) emang segan untuk mengkritik apalagi blogger kaya om ini atau emang ga ada pertanyaan. He..he...

    BalasHapus
  26. sipp sekali majikan ...

    salam kenal mas reza ... jadi pengen jdi blogger guest di blog keren ini :)

    thankz atas tipsnya

    BalasHapus
  27. aku baru tahu kalo ada etika walo sekedar untuk komen, terima kasih semoga bermanfaat khususnya untukku

    BalasHapus
  28. waduh hebat2 infonya nih disini. iya memang bingung kadang mau mengomentari bagaimana, tp yg dikomentarin harusnya bukan asal komentar menarik atau tdknya si tulisan, tapi bagaimana tanggapan kita atas isi tulisan itu, apa yg kita tangkap dan apa pendapat kita. siapa tau kalau kita bs nambah2 isi tulisan di komentar kita dgn apa yg kita tau juga, akan mengarahkan pengunjung ke blog kita. Dan ada yang perlu di perhatikan.
    dalam memberikan comment juga harus ada anchor text yang jelas. bisa untuk mempromosikan salah satu page atau index site kita.

    namun untuk dapet bonus cari yang menggunakan dofollow comment, karena robots akan menjelajah ke link anda

    comment yang bermutu juga akan menarik minat pembaca lain untuk membuka site anda, dalam artian rasa penasaran siapa sih yang ninggalin comment seperti ini..

    sukses selalu

    BalasHapus
  29. Sebagai tambahan mungkin komentar yang terlalu obral bahasa sms dengan di singkat-singkat juga termasuk komentar yang tidak berbobot. Menandakan sang komentar sang pemalas dan tidak punya etika penempatan .

    BalasHapus
  30. benar sekali
    tapi kadang aku jadi malas berkomentar jika postingan itu sendiri tak terlalu penting

    hehe

    BalasHapus
  31. Itulah mengapa saya agak malas menulis tutorial yg agak advanced, karena komentar yg muncul kebanyakan "thanks infonya" atau "nyubi nih, gak ngerti masalah ginian" — agak merasa tidak dihargai tulisan saya :D

    BalasHapus
  32. jadi malu ah...

    tapi ada kalanya, ketika kita blogwalking eh, ketemu ama artikel yang ruwet (bahasa inggris mungkin, maklum TOEFL saya jelek), jadi bingung bacanya...

    suka tidak suka, tepaksa, supaya kedatangan kita gak sia - sia, harus ada komentar setidaknya di halaman itu...

    ya kebayang juga sih, cape2 nulis, e komennya "nice post"..
    dari segi mananya yang nice?

    ini juga menjadi parameter kita, sudag baikkah cara penyampaian artikel kita?

    BalasHapus
  33. saya jarang memberikan komentar di blog ini meski setia menjadi pelanggan artikel lewat email. Meski demikian, saya berusaha untuk memberi komentar yang baik. Salah satu ciri komentar yang baik tentu berhubungan dengan artikelnya.

    Lebih baik berkunjung tanpa komentar dari pada berkunjung dengan komentar "mengamankan pertamaxx" dulu.

    BalasHapus
  34. betul sekali om, kadang orang berkomentar tanpa membaca artikel terlebih dahulu dan melihat apa yang menjadi topik / judul dari postingan blog. Blog dofollow yang mempunyai PR tinggi seringkali sebagai objek sasaran menebar backlink supaya blognya mendapat PR lebih baik, kira2 bener gak nih komentar saya. Makasih ya om atas artikelnya bermanfaat sekali buat blogger yg masih pemula.
    http://usb-wifi.blogspot.com

    BalasHapus
  35. Sangat baik memberikan komentar yang sesuai dan relevan terhadap isi postingan blog. Inilah perbedaan antara blogger dan wordpress. platform blogger tidak memiliki comment filter sehingga comment langsung di tampilkan dan komentar tidak bisa di edit(kecuali dengan seting yang berbeda). Bagi saya, komentar yang tidak berkualitas tidak saya ampuni (seram kali mas :D), apalagi ditambahin dengan link yang banyak. Cape deh...

    BalasHapus
  36. wah, tumben nih komennya panjang2. biasanya banyak, tp cuma junk. ;))
    *padahal ini juga termasuk junk

    BalasHapus
  37. Kalau ditempat saya malah jarang banget yg komentar,, malah cuma di chat box doang...

    bilangnya "permisi.." "berkunjung",, hadoh....

    padahal saya berkunjung ke blog mereka dengan selalu meninggalkan komentar,, hehehe..

    jadi curhat niy saya OM

    BalasHapus
  38. Hahahaha... sayang sekali o-om.. padahal baru saja ditulis diatas bahwa sudah seharusnya kita membuka & membaca blog orang lain ituh bukan sekedar pengen ninggal jejak trus blog kita jadi ikutan populer. tapi tetep aja komentar pertamana adalah...
    "PERTAMAX"
    :))

    BalasHapus
  39. saya sependapat dg yang anda katakan. dg meninggalkan komentar yang berkwalitas akan berefek positif terhadap profil kita sebagai blogger yng cakap dan santun, sama dg apa yg telah saya tuliskan beberapa minggu lalu tentang 6 Alasan Pentingnya Blogwalking, salah satu dr 6 hal yg saya tuliskan adalah perihal komentar yg berkwalitas.

    Artikel ini teleh memberikan pengetahuan kepada kita sebagai seorang blogger, agar kita selalu meninggalkan komentar, namun bukan hanya komentar, tinggalkanlah komentar yg berkwalitas.

    BalasHapus
  40. Nah, pada ketauan nih :D

    Hehehe... Akhirnya pada komen beberapa alinea, dah pada sadar keknya ya :((

    Tapi, secara pribadi bagi saya tidak masalah asalkan komentar masih menyinggung topik yg kita tulis. Lain blog lain pula jenis komentar yang masuk.

    Untuk kasus "pertamaxx", ini kebawa-bawa dari kas*k** kenya ya, whehehehe... Peace for semua! ;)

    BalasHapus
  41. Memang blog yang memakai sistem dofollow memudahkan kita untuk mendapatkan backlink, tp sy liat blog yang memakai sistem ini kebanyakan mempunyai alexa rank yang rendah, bukannya ini malah sia2...gimana itu om ?

    BalasHapus
  42. Saya lihat pada postingan o-om sebelum nya banyak bgt yang junk comment yang seperti yang di bicarakan di post.
    Mungkinkah pada bertaubat semua ??hehehe
    menurut o-om melihat kondisi yang terjadi pada blog o-om sendiri gimana tuh ?? pastinya blogger lain juga ingin tau pendapat o-om :)

    BalasHapus
  43. Ok saya coba menanggapi artikel ini, menurut saya pribadi, peran komentar sangat vital, komentar diibaratkan sebuah penghargaan bagi sipenulis artikel, artikel tanpa komentar ibarat sayur tanpa garam. tul gak?. rekan bisa bayangkan apa jadinya sebuah artikel yang ditulis dengan ide yang cemerlang melalui proses pemikiran yang panjang tapi tidak dibumbui respon sama sekali? yakin saja sipunulis akan merasa kesal, ini sangat lumrah karena begitulah keyaataan manusia ingin sekali hasil karyanya mendapat penghargaan.

    Terus terang saya sendiri sebenarnya tidak terlalu merpermasalahkan mengenai Junk comment, toh si pemberi komentar juga tdak mendapatkan apa2 jika hanya berniat menabur link di blog sayai. saya sudah informasikan dari dulu bahwa bog saya ini berstatus nofollow.

    Dilain cerita ada juga lho manfaat dari Junk commen, ada beberapa blogger yang bangga jika setiap artikelnya bejibun komentar, dia gak peduli komentar yang ditulis berbobot apa tidak, yang jelas..komentar yang banyak sudah pasti mencirikan blog itu sangat populer. dan pada kenyataannya memang demikian, lihat saja blog ayng sepi komentar..dibenak pengunjung sudah pasti blog terlihat kurang pupuler. ini hanya pendapat saya lho ya :D



    Oh iya, mau tau kenapa saja tidak menganut paham dofollow pada comment link?

    Saya juga heran kenapa blogger dengan sukarela mendofollowkan atribut link pada komentar. Terus terang kalo cuman memberi terima kasih tidak harus memberi love link khan?

    saya yakin dengan share informasi berguna saja pembaca pasti dengan suka rela berkomentar, dulu saya baru mulai ngeblog juga gitu..mau tau apa yang terjadi? komentar cuma jadi ladang spam..tidak hanya itu saja, nilai PR juga ancur2an, artinya link yang keluar tidak sesuai dengan link yang diterima..tidak masalah kalo perpost cuma 10 komentar..bayangkan jika sampai 50-100 komentar perposting. Sama saja dengan kita mengeluarkan biaya 1.000.000 perhari, padahal pendapatan kita sehari palingan cuma 20.000 perharinya (anggap saja link).

    Kalo cara demikian di terapkan di bisnis online siap2 saja gulung tikar...maaf ya agak kurang nyaman dibaca :), saya cuma ngasih masukan saja, jangan sampai masalah dofollow cuma dimanfaatkan blogger yang gak bertanggung jawab..SSstttttt jujur saja status dofollow cuman jadi sasaran empuk kok, percaya saja saya gak pernah berbohong kok hehehe

    Saya lebih baik tidak menerima komentar jika harus membayar hadiah, penghargaan atas jerih payah tentu lebih baik nilainya bukan karena ada imbal baliknya.


    So, terserah rekan menanggapinya? :D

    BalasHapus
  44. wah.. saya setuju dengan oom.
    tetapi, sulit bagi banyak blogger untuk menghilangkan budaya tersebut.

    Saya juga terkadang suka melakukan hal yang demikian, jika blog yang saya beri komentar kontenny terlihat tidak menarik. ^_^

    haha... postingny oom paling manteb dechh!

    BalasHapus
  45. Ini baru nyosss markonyossss,

    BalasHapus
  46. artikel yg paling menarik, isi sangat berbobot, lebih-lebih lagi penjelasannya pada komentar. Jadi pengen seperti Oom untuk menerapkan nofollow. teruslah menulis Oom, pasti akan selalu banyak yang berkomentar :X

    BalasHapus
  47. jujur.. komentar di setiap artikel mmg penting selain bisa jadi parameter popularitas dari blog dalam hal kualitas artikel didalamnya, sudah tentu masih banyak manfaat bagi yang punya blog itu sendiri misalnya dengan melihat pertanyaan yang paling sering ditanyakan bisa menjadi "bahan" untuk membuat artikel berlanjut ke tahap yang lebih detail...
    intinya yang terpenting jangan mempermalukan diri dengan menebar link ke blog dengan komentar yang cuma akan menggangap diri kita sebagai "junk comment"...
    tapi ada juga blog yang udah popular malah terkadang membuat artikel (mis: tutorial) tapi ketika ada visitor mampir and mencoba untuk menanyakan hal yang kurang jelas tapi si empunya blog gak respon.. kan kasian mas Oom...

    BalasHapus
  48. akhirnya,, oom juga mengeluarkan kritikan terhadap para comment spammer,, jujur dulu aku sempat jengkel sekali mas, sampe2 sempat buat tulisan buat caci mereka.. ya walaupun gak ada gunanya tapi sedikit mengurangi kekesalan saya..

    haduh.. cape juga meladeni-mereka-mereka ni.. terimakasih mas.

    BalasHapus
  49. Setuju 100%! bahkan sekarang para blogger di India tu lagi marak ngadain kontes om. Mereka rela ngasih hadiah buat para komentator. Emang sih ada rules yang mesti ditaati, mungkin cara ini udah ada sejak dulu. Saya saja yang baru tau sekarang. Hehe.. :P

    BalasHapus
  50. Informasi yang sangat berguna bagi blog mania terutama yang new jujur saya pun sering kasih komentar singkat banget yang terkesan pelit dan seadanya tanpa memperhatikan hal-hal yang mas sebutkan tadi.Jujur ini ilmu baru buat saya.
    Terimakasih mas :D

    BalasHapus
  51. Karna Om nulis soal cara berkomentar ini, yang komen semuanya dah mulai panjang-panjang :D

    Tapi, saya sangan setuju dengan pendapat, Om. Kadang kala, komen yang cuma berupa "Nice post, sob..." bikin saya jengah. Sepertinya, terkesan ingin membuat senang yang punya blog saja, dan berharap setelah itu blognya akan dikunjungi balik.

    Padahal, dengan begitu, sebenarnya (kalo saya) merasa tersinggung. Kesannya cuma "ninggalin bau" trus kabur, tanpa sama sekali berminat akan isi tulisan dan sudut pandang kita dalam tulisan tersebut.

    Kalo budaya "ninggalin bau trus kabur" ini terus membudaya, kapan para Blogger Indonesia ini akan cerdas-cerdas :( Maaf ya kalau kurang enak didengar. Tapi, ini saya kira kebiasaan buruk lho, yang harus segera dirubah sejak sekarang. Nanti juga, pada gilirannya, ditiru juga oleh para Blogger2 pemula Indonesia. Jadi, kesan yang timbul, bahwa jadi Blogger itu bukan pekerjaan eksklusif dan nambah wawasan. Hanya iseng ngisi waktu karena kurang kerjaan.

    Padahal, jadi Blogger itu nggak mudah. Apalagi Blogger berwawasan seperti O-OM.COM ini :D Tapi, beneran lho. Bayangin aja betapa susahnya kita mencari ide untuk satu postingan saja. Kadang sampai baca buku 10 buah, atau gugling kemana2. Eh, komentar yang dapet cuma "Nice post, Sob..." atau "waw.... blognya kereeeennsss", apalagi "kunjungi balik yaaa...." Wah, payah dah...

    Sekali lagi, saya setuju dengan postingan O-OM kali ini. Mulai rubah kebiasaan kita. Tapi, kalo sekali2 nanti artikel Om saya kritik, Om jangan marah ya.... :)

    Ok, btw, komen saya ikutan panjang juga nih :D

    Trims atas kritikan ini kepada kami, Om :)

    BalasHapus
  52. iya menyenangkan rasanya bila orang berkomentar dengan cerdas dan relevan dengan artikel yang diberikan,saya juga mencoba cara berkomentar dngan lbh mnrik,trims guest blogging artikelnya mantep :D

    BalasHapus
  53. Wah kayaknya banyak junk komen nih di blognya o-om, sampai nulis kayak gini... :D
    Atau di blognya yg nulis

    BalasHapus
  54. mantap banget postingnya (ini bernada spam/junk)...selanjutnya, memang benar apa kata kang o-om tulisan seseorang mencerminkan penulisnya. tapi apa boleh buat, banyak dari kita dikejar tayang dalam memberi komentar, asal bisa nyimpen backlink aja:-) (mudah2an komentar kedua ini bukan sampah:-)
    salam

    BalasHapus
  55. Blogger yang sedikit berkomentar mungkin punya alasan lebih sedikit lebih baik
    Berkomentar panjang LANJUTKAN jadi commentnya terus lanjut sampai puas
    Kurang ngerasa klop dengan postingan itu kritik aja brow

    BalasHapus
  56. Kok rasanya malah pada ngomongin si O-om ya? Padahal kan yang bikin artikel saya, kenapa yang dipuji malah si empunya blog? Ah, sudahlah, iri itu tidak bagus, yang penting sekarang saya diakui sebagai guest blogger, terlebih oleh idola pertama saya dalam dunia blogging, yaitu O-om. Saya rasa artikel saya ini cukup membawa dampak bagi blog O-om, yaitu berkurangnya junk comment. Tapi terserah pembaca juga sih mau komen kayak apa, saya tidak punya kekuasaan di blog O-om ini. Saya rasa artikel ini cukup fenomenal karena sampai-sampai si pemilik blog ikut mengomentari artikel ini dengan panjang sekali (lihat saja di atas). Semoga sukses selalu untuk Blogger Indonesia!

    BalasHapus
  57. Berkomentar sesuai dengan tema sama artinya dengan menghargai penulis.

    BalasHapus
  58. memang berkomentar juga memerlukan etika ya om, penghargaan kita terhadap hasil karya orang lain juga berarti menunjukkan bahwa kita juga menghargai diri kita sendiri

    BalasHapus
  59. Baru aja ada niat buat pertamaxx, tapi dapet masukan bagus tuh baca komentarnya si Om, nofollow ma dofollow, duh dasar saya pemula banget mang.
    Thanks ya. :)
    Nb: mgkn saya penganut paham banyak komentar berarti blog yang rame, serius. Liat aja blog yang ga da komentarnya, baru dibuka aja lngsung d close. Mikirnya blog yg sepi, kaya punya saya, hikz..

    BalasHapus
  60. Baru aja ada niat buat pertamaxx, tapi dapet masukan bagus tuh baca komentarnya si Om, nofollow ma dofollow, duh dasar saya pemula banget mang.
    Thanks ya. :)
    Nb: mgkn saya penganut paham banyak komentar berarti blog yang rame, serius. Liat aja blog yang ga da komentarnya, baru dibuka aja lngsung d close. Mikirnya blog yg sepi, kaya punya saya, hikz..

    BalasHapus
  61. Iya Om. Saya juga kadang sebel kalo sudah nulis susah-susah eh ternyata yang komen cuma promosiin blog mereka sendiri, dalam hal ini mesti "Silahkan kunjungi bla bla...".

    Om, bener gak sih kalo The Fachia setting comment-nya juga kayak Blog o-om? Maklum yang bikin kan Mas fariez. Hehehe..

    BalasHapus
  62. Wah mantabs banget neh om postingannya... serasa kita diingatkan untuk menjaga stabilitas dunia blogger.. memang saat ini kalo kita ngeblog semua tergantung kita.. tak ada yang ngelarang kita mau nulis apa saja.. seolah-olah tanpa aturan.. bukankah diinternet belum ada aturan yang pasti?? nah itu dia,, kesadaran kita sebagai bloggerlah yang akan memperbaiki citra blogger itu sendiri.. mohon maaf kalo ini juga termasuk komentar sampah.. tapi setidaknya.. satu kata setuju bisa terwakilkan beribu kata-kata yang bisa kita rangkai,, sekali lagi buat si om.. terima kasih atas tamparannya,,,

    BalasHapus
  63. isi komentar sebenarnya tergantung artikelnya juga sih, kalo artikel berupa informasi, review software atau aplikasi online sepertinya juga tidak harus diberi komentar yang panjang, tapi cukup berikan tanggapan berkualitas aja. Beda dengan artikel berupa Opini, diskusi atau jajak pendapat yang butuh perhatian khusus.

    ingat! komentar singkat bukan berarti tidak berkualitas lho :D

    BalasHapus
  64. hmm...nice tips om...btw koq di wordpress saya kadang ada comment2 model BOT gitu ya..apa gara2 di index terus di do follow kan postingannya..?

    http://webgratisan.com/

    BalasHapus
  65. Memang banyak comment yang nge-junk termasuk di blog ini. Dengan hanya berkomentar "pertamaxx" mengira sudah mendapatkan backlink dari blog berkategori 'do-follow'. Blognya berkualitas tapi commentnya nggak.

    BalasHapus
  66. makasih ya om
    walaupun cuma sepele tapi emang ternyata sangat membantu sekali dalam menjalin hubungan sesama blogger

    BalasHapus
  67. Setuju om...
    wlapun trkadang sy juga msh suka junk namun itu bkn krn ingin tp krn bingung mau koment apa sama tulisannya. Jd demi balas jasa ya ga apa2lah. itung2 ga blogwalking dan backlink skalian, He_ ..

    BalasHapus
  68. Baru dibilangin, tetep saja kebawah ada komentar, mantap infornya, terimakasih, halah.... dasar gk mau baca dulu. hihi....
    emang bener juga om, saya jadi sadar semoga ke depannya gk model gituan lagi.
    kadang bingung juga mo koment apaan, padahal kata hati pengen absen saja di blog Om ini. hihi...

    BalasHapus
  69. Gak setuju. Tergantung blognya apa juga. Kalau blognya memang seperti o-om ini (berisi informasi penting), memang komentar sampah sebaiknya dihilangkan. Tetapi kalau blog yang berisi curhatan atau hanya diari pribadi seperti blog teman saya...saya rasa komentar apapun harus dihargai.

    BalasHapus
  70. Anonim18/10/09

    wah si om exis lagi, sepertinya anda mulai gerah ya dengan banyak nya pengunjung yang mengomentari blog anda dengan cara yang tidak mutu??? makanya qm langsung kasih kritikan pedas terhadap mereka semua, btw qm juga pernah loh om ngasih pesan yang ga mutu di blog aq, inget ga???? klo ga salah bunyi nya gini "nice info, aq juga mau mencoba melamar tes cpns" padahal yang saya harapkan om bisa ngasih masukan lebih tentang postingan saya atau keritikan pedas kaya sambal, demi kemajuan blog saya, yah ternyata artis seperti om juga malas untuk mengetik banyak kritikan buat orang lain??? jadi om juga masih payah... hahahay....
    Buanng sampah dirumah bu dedek, OOm cape deh????

    BalasHapus
  71. kalo saya sendiri sih menanggapi komentar yang seperti Nge-junk2 gitu ma gapapa, asal jangan SPAM, beda loh :)..

    kalo memang ada yang komentar di blog kita bernada nge-junk ya biarin aja, selama ini komentar di suatu FORUM DISKUSI TERBESAR DI INDONESIA juga tidak sedikit junk nya, dan hal itulah yang membuat FORUM TERSEBUT POPULER :),

    iya kan??
    So, hidup junk!, selama junk nya cuma "nice inpo gan", "berita bagus gan", "makasih gan", dll yang tidak membuat pihak lain sakit hati mah gapapa, yang penting pembaca sudah "loyal" kepada kita mau kasih komeng nye,,

    wkwkkwkk,,,,
    ini baru komentar yang bagus ya OM??

    BalasHapus
  72. @O-OM: Ya, Om. Setuju :)

    BalasHapus
  73. seru nih...!!!
    1. Komentar = Hak seseorang mau apapun alasannya. So, yg memberi kesan junk tuh krn...mungkin kita yg sudah maen ke web² yg sdh profesional dan melihar mrk yg pd kom jd namap yahud. Dan kita org indo yg ngenet/ngeweb sebatas kocek ??? Biarkan waktu yg menjawabnyah.
    2. Nofollow = yahoo suka ^_^.
    3. Dofollow = google suka ^_^.
    4. Sekian dan terima kasih. Ayee...Ayee...mang-Tab

    BalasHapus
  74. blog o-om selalu update .. dengan info2 barunya yg bermanfaat buat kita2 semua para blogger .. jadi tambah tau nih, etika nya kita sebagai blogger dalam ber-komen ria .. btw, i like this post, Om. Tararengkyuh.

    BalasHapus
  75. seringkan kita baru dapet info itu,. jadi ya cuma bisa bilang "wahh...keren"
    "bisa gw coba tuh.."
    lha kalo emang udah paham sama yang dibahas, baru deh kita bisa ikut kasih masukan ato tambahan info..betul ga mas..?


    **gratis download ringtone & mp3 terbaru di tempatku lho**
    ******http://www.1muzic.co.cc******

    BalasHapus
  76. Kebiasaan komen cuma nulis 'mantap!', 'nice info', ato sekedar 'thanks' seringkali kita temui. Jujur saja, saya menghargai komentar seperti itu. Karena saya tahu tidak semua orang pandai menanggapi postingan dalam bentuk rangkaian kata-kata.

    Sekedar tambahan saja untuk para blogwalker yang ingin berkomentar secara baik dan benar, mulailah blogwalking dengan niatan untuk mencari wawasan baru dan untuk mengasah skil menanggapai pendapat orang lain.

    BalasHapus
  77. saya jadi terkesima melihat postingan ini, sekaligus sedikit menguji... coba bagaimana o-om komentar di blog ku biar kita bisa belajar banyak darinya

    BalasHapus
  78. wowwwwww....
    jadi takut mau komeng,
    takut gak nyambung.
    takut di bilang junk
    takut di bilang sampah
    takut komentar gak bermutu
    takut di hapus

    yang biasanya saya menulis komentar di blog o-om ini dengan hati yang santai dai ikhlas, walaupun pendek, tapi sekarang malah jadi takut, soalnya udah ketahuan si 0-0m gak terima dengan semua komentar yang di keluarkan oleh newbie.

    kalau tulisan yang berupa tutorial yang ada di blognya o-om, dan yang nulis nya 0-0m, terus kita Newbie mau mengkritik dari sisi mana, semua udah tahu kemampuan o-om sebagai hacker di bloger, dan blog yang ini bukan nya blog forum.. geuleuh da :((

    tapi menurut saya gak mesti panjang tuh komentar ahhhhhhh =))
    teruskomentar saya udah panjang, lebih dari 2 paragrap

    berarti bermutu ya...
    peace om :X

    BalasHapus
  79. om,,this the first time i wrote u a comment,,
    saya urang baru di blogger,,,

    mohon pentunjuk untuk menjadi seorang blogger profesional tu triknya seperti apa ?
    butuh brapa lama untuk menjadi blogger profesional ?
    upaya apa aja yang harus saya lakukan pada blog milik saya ?

    mohon petunjuknya...
    thanx a lot.

    BalasHapus
  80. Masalah klasik nih sebenernya. Begitulah kalau berkomentar sekedar mengharapkan trafik balik atau backlink. Kalo bisa cuma baca judul langsung komen 8-}

    Tapi buat postingan tertentu yang kurang berbobot atau terkesan ngasal, komen bermutu biasanya sulit keluar tuh OM. Bener nggak ya? =))

    BalasHapus
  81. Nah, bener banget mas...
    Kadangkala hal serupa seringkali saya temui...
    Hal seperti rasanya sang empunya komen hanya ingin numpang nampang mejeng doank, wkwkwkwkw...
    Parah banget...

    BalasHapus
  82. ya tergantung sih, kalo emang postingannya serius sepatutnya serius juga komennya, ga asal nais impo wkwkwkkw kecuali kalo emang personal blog yang brisi becandaan curhatan. ketimbang ga bisa komen, diriku lebih memilih sebagai silent reader

    BalasHapus
  83. Anonim19/10/09

    wow....banyak juga ya yang suka nge-junk, hehehe

    BalasHapus
  84. Rekan Pembaca, tulisan diatas bukan opini langsung dari saya, tapi itu berupa Blog Guest dari rekan Reza Winandar yang disampaikan khusus melalui o-om.com, mohon kita hargai opini dari penulisnya :)

    Khan saya sendiri juga mengomentari tulisan diatas, artinya kita diskusikan saja masalah ini sama-sama :)

    BalasHapus
  85. wekekee..,setelah baca nih artikel bener juga ya om. komentar kok cuma memuji atau menghujat. tapi pada dasarnya klo artikelnya menarik, biasanya visitor akan tertarik pula membacanya & komentar pasti sesuai dengan nuansa artikel yang diposting, ya nggak om..

    BalasHapus
  86. baris pertama#1: makasih om
    baris kedua#2 : oom baik bangget mau memberikan tips

    hehe3x bukan seperti itukan om yang om maksud komentar berkualitas,

    kalo komentar junk comment seperti di atas ini pasti gak disukai pemilik blog, pemilik blognya gak suka apalagi yang ajdi pengunjung, pasti sedikit sekali yang mau ngeklik link komen kita.

    Oleh karena itu berikan komentar berkualitas sperti saran o-om, siapa thu traffic blog kita bisa naik hanya gara-gara selalu meninggalkan komentar berkualitas export, :p

    cayoo...

    BalasHapus
  87. Mohon petunjuk boss... blog saya kok jarang ada yang komentari ya? Apa isinya yang kurang baik atau tampilannya, karena kalau saya blogwalking, ada juga blog yg bahkan belum terindex di google, tapi udh banyak yang tinggalkan komentar.
    Thx om !

    BalasHapus
  88. sepertinya o-om sudah gerah sama comment2 sepert PerTamaX atau nice share... :))

    Memang benar, sebagian newbie seperti saya paling suka junk karena apa? karena biar komentar tersebut dilihat sama yg punya blog dan orang lain juga jadi ada kemungkinan untuk mengklik atau mengunjungi saya balik.

    Thanks ya om atas pemberitahuannya... :p

    BalasHapus
  89. satu hal yang mungkin sulit dilakukan, yaitu "bagaimana menentukan kriteria postingan dan komentar yang berbobot dan bisa dikatakan bagus?" :D

    maaf kalo saya salah! ;)

    BalasHapus
  90. memang sih benar banget apakata oom,untuk memberi komentar di blog orang gak sekedar asal ngomong aja..istilahnya komentar yang berisi..tapi kan berarti harus baca benar2 artikel yang di posting baru bisa kasih komentar..he..he

    BalasHapus
  91. Bah ke 94..asem. Ok om mulai sekarang mau berkomentar seperti yang dianjurkan....hehehehhe...

    BalasHapus
  92. sepertinya hampir 80 % an blogger indonesia "pemula" berkomentar seperti itu...
    saya pikir pastinya ada sebab asal muasal kenapa para blogger berkomentar junk..
    alasannya mungkin karena belum adanya unsur akrab, antara komentator dan publikator blog...
    yah.. dimaklumi saja.. toh mereka juga sudah berusaha mengakrabkan diri dengan junk comment, hehe...

    BalasHapus
  93. saya suka dengan postingannya kang, cmn kok masih banyak blogger yg tidak sama dgn point2 itu !!!

    BalasHapus
  94. Postingan yang bagus om.
    Setidaknya aku jadi mengerti bagaimana memberikan komentar yang baik.

    BalasHapus
  95. Anonim20/10/09

    wah banyak juga yang komeng ya.....hidup komeng!, tapi lebih enak ngejunk ya,,hihihhi

    BalasHapus
  96. blog yang konsisten. i like it

    http://1001best.blogspot.com

    BalasHapus
  97. Iya nih aku juga sering koment asal-asalan tanpa baca dahulu isi postingannya .... :D

    BalasHapus
  98. yupz banyak komentar junk yang bertaburan di dunia blog dan spamer-spamer-pun melanglang buana dimana-mana... aga susah siyh menghentikan spamer dan junky itu, tpi mungkin harus memulainy dari diri... intinya klu blog sendiri juga ga mau di komentari dengan komen junk dan spam, maka berkomentarlah dengan bijak juga kli yup di blog orang... ^_^ walau kadang ga mudah berkomentar dengan kualitas sebaik mungkin... y g om?

    BalasHapus
  99. Komentar berkualitas tak harus panjang lebar tho? walaupun cuma sebaris yang penting sesuai artikelnya dan berbobot.:D

    BalasHapus
  100. Saran yang sangat bagus dan membangun. Memang sih perlu aturan tidak tertulis di dunia maya hanya untuk sekedar berkomentar. Jangan asal-asalan.

    BalasHapus
  101. Tumben komentar posting ini panjang2 :), gak ada pertamax, keduaxx dst he3xx
    Kayaknya komentar saya diblog o-om termasuk category mana ya? Secara pribadi sih anggapnya bukan junk, tapi setelah ninggalin komen esoknya saya cek gak pernah ditanggapi--cieh sok cari perhatian :), btw blog saya jarang yg komen meski visitor lebih dari 200--apa tulisan saya terlalu bagus ya? He3xx--sok pede mode on--mungkin jarang blogger yg singgah-soalnya jarang komen diblog lain juga.thanks

    BalasHapus
  102. mantap mas....itu berarti seperti etika dalam berkomentar ya mas... kalau cuma nice post atau setuju atau yang lain... itu bukan termasuk komentar sampah mas... tapi yang berkomentar tidak bisa berkomentar.... :D

    BalasHapus
  103. Saya sangat tidak setuju dengan pendapat bahwa komentar yang biasa dan pendek dianggap sebagai junk comment karena terkadang seseorang tertarik dengan artikel yang kita buat namun belum tahu apa yang harus mereka tulis dikolom komentar sebagai ucapan terima kasih atas artikel yang kita buat yg mgk berguna bagi org lain mereka meninggalkan komentar seadanya.

    Jangan disamakan cara memberi komentar org barat yang telah mengenal internet lebih lama dengan kita. dan juga adanya baiknya menghargai apa yg org lain berikan kepada kita, walaupun itu hanya sebatas komentar seadanya.

    BalasHapus
  104. Good..thx Om. Cooment yg baik adalah comment yg membangun.. ^_^

    BalasHapus
  105. Artikel yang menarik untuk ditelaah... Tetapi kadang muncul fenomena tertentu, misal Blog yang berisi tutorial tertentu, komentar kadang menjadi cara untuk ungkapan terima kasih dari pengunjung kepada pembuat tutor. Kita tidak bisa berkomentar lebih sebelum mencoba tutorial tersebut... Dan ini kadang membutuhkan waktu lama untuk mencoba dan mencoba tutorial tersebut... dan barulah berkomentar ke hal prinsip jika kita merasa berhasil dengan tutorial tersebut... Trims Om...

    BalasHapus
  106. wah, ne pelajaran yang bermanfaat gan, jadi lebih mengerti tentang tata cara komentar yang bagus dan mendukung blog yang di komentari, trims banget gan.

    BalasHapus
  107. Dengan ini kasus junk koment kita tutup...Sekarang mari kita waktunya jang !!! Jang apa lagi yah ;)) =))

    BalasHapus
  108. Terkadang Komentar yang kita berikan memberikan bisa menjadi sarana pemebanahan diri dalam menulis apa saja....Ngomong-ngomong komentar blog oom banyak ya...berarti memang berkualitas postingannya nih

    BalasHapus
  109. Wuiiih banyak amat komentnya... asik sih kalau balasin koment yg bermutu dan nyambung ma topiknya.. rata rata komentator tipe ini datang dari search engine om. kalau yg sesama blogger (kecuali udah kenal) biasanya cm say "hi,nice info,thanks for sharing" atau semacamnya lah.. heehehe

    BalasHapus
  110. Anonim21/10/09

    yang penting komeng bejibun dah ...kalo bejibun kan lebih enak di liat nye ;;))

    BalasHapus
  111. http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/24.gif

    saya setuju2 aja dengan pernyataan seperti itu, tapi ya, buta mereka2 bloger yang pemalas ngetik ya harap di maklumin aja. itung2 kan jika blogger2 junk itu meninggalkan comentar kan kita sebagai dofollow juga nambah backlink,, benar bukan?

    BalasHapus
  112. yah kalo cuman "Thanks atas infonya" atau "Bagus banget artikel ini!" saya gk apa2, nah kalau malahan beriklan itu baru saya gk suka.

    BalasHapus
  113. setuju Om, memang koemantar itu juga menunjukan kepridiannya. Jadi mari kita brkomentar yang berkualitas, jangan hanya mengatur kuantitas.

    BalasHapus
  114. Kalau pendapat saya O-OM, tergantung mutu dari pada sebuah posting, kalau bermutu sudah pasti akan bersinergi bagi pembacanya, kita akan berkomentar seakan mengalir begitu saja karena pikiran dipengaruhi dan ikut larut... terisi dari apa yang dibacanya. saya akui ini GOOD POSTING secara tidak sengaja menjadi pancingan sebagai ajang diskusi yang panjang....dan siapa comment selanjutnya hayo....? jadinya saya tertarik juga nulis "cara komentar yang berkualitas".

    BalasHapus
  115. ya memang harus gitulah berkomentar jangan melenceng dari topik yang dibahas dalam postingan.Cuman klo postingan yang dibahas dah kelewat basi manalah mau orang berkomentar...cuman ntu ja yang bisa kukomment om.salam kerja keras adalah energi kita dari SEO BLOGGER

    BalasHapus
  116. Anonim23/10/09

    Betul....Betul.....Betul....... (Junk)
    Blog Guest dari Reza Winandar ternyata mendapat banyak sorotan dari para blogger, baik itu blogger yang sudah pro maupun yang new seperti saya.

    Sebelumnya saya hanya mengikuti info2 dari blog ini tanpa meninggalkan jejak. Boro2 mo ninggal link, komentar aja di sini baru kali ini itupun gak pake link ::) Tapi kelihatannya MBL gak bisa dikelabui ya om :p

    Selain itu, banyak temen2 blogger yang sudah mewakili komentar saya, seperti nice info, nice post, etc (kecuali Pertamax). Kebiasaan saya kalo baca tulisan itu juga baca komentar2 dari para blogger, sapa tau ada yang menambahkan info yang sedang dibahas atau malah ada mengkritik)

    Mungkin temen2 blogger tidak membaca komentar si empunya tulisan (Reza Winandar) yang protes ~x( tidak "diperhatikan", dan "dikacangin" sama temen2 blogger :D. (Namanya juga dosen tamu, gak usah diambil hati kalo tulisannya dikira tulisan dari si empunya blog). :p Saran buat O-om, biar Reza gak =(( namanya penulis di heading 1 aja =))

    Balik lagi ke topik..... Menurut saya "Tidak Berkomentar BUKAN berarti tidak menghargai jerih payah siempunya tulisan/blog". Terkadang memang tulisan butuh feedback, tapi kalo tidak ada info baru atau kritik terhadap tulisan ya lebih baik gak usah berkomentar.

    Saya setuju dengan o-om, komentar disesuaikan dengan tema dari blog, seperti yang dicontohkan oleh o-om mengenai informasi software, aplikasi online, etc. Temen2 mungkin bisa memberikan komentar mengenai perbandingan / keunggulan / kelemahan software yang dibahas di blog itu. Mungkin seperti itu maksudnya ya om? :)]

    Saya akhiri saja komentar ini, karena semakin banyak saya berkomentar, semakin besar tanggung jawab di akhirat.

    Untuk terakhir kalinya saya mau komentar "Good Post" (Junk) =))

    BalasHapus
  117. Terima kasih om tipnya.Saya jadi lebih memahami cara memberi komentar yang baik.
    kadangkala memang pengunjung memberikan komentar tanpa membaca postingan terlebih dahulu.Sehingga isi komentarnya tidak sesuai dengan isinya.

    BalasHapus
  118. terima kasih atas infonya??? lihat blogq donkz..http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/102.gif
    http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/102.gif

    BalasHapus
  119. "good posting" hehe....biar diomelin ama O-om nih ikut2an koment sesuai contoh diatas, karena selama ini kan diriku jarang banget koment2 junk...makanya mumpung ada contohnya yah sekali2 ikut2an...

    Wes akh om..udah 3 baris nih...jangan digebukin yah....
    kabuuuurrr......;)

    BalasHapus
  120. Semuanya pada berkomentar tentang postingannya OOM, tapi memang bagus sih ...... aku aza iri ..... pengen deh kaya seperti om ;))

    BalasHapus
  121. Kalo menurut saya, komentar itu semacam apresiasi dan ucapan terima kasih atas info yang diberikan. Tidak penting apakah Dofollow atw Nofollow.
    Saya sepakat dengan Om mengenai Dofollow. Memang ada beberapa sobat yg sengaja memamfaatkan dofollow ini dgn tujuan untuk menipu agar banyak komentar. Mereka memasang logo You Comment I Follow, eh tauknya rel-nya masih Nofollow. Padahal, jika tulisan mereka baik dan bermamfaat pasti ada saja komentar yang masuk sekalipun tidak meminta untuk dikomentari.
    Thanks sharing Om...

    BalasHapus
  122. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  123. setuju dengan bro @ tutorial desain grafis,

    yg mbikin gerah tuh yg komentnya gak nyentuh topik, eh... malah ngasih iklan... =)) x(

    BalasHapus
  124. hmmm, gua banget tuh.... sering banget koment cuman sekedar...
    ok saatnya merubah, mulai dari diri sendiri...

    numpang blogwalking
    http://adrian-ktc.blogspot.com
    http://belajarekis.blogspot.com

    BalasHapus
  125. saya setuju banget,memang nggak gampang membuat komentar yang menarik perhatian sesama pengunjung,thanks

    BalasHapus
  126. :-0 ehmm...ternyata masih byk yg saya belum tau nih, seputar kehidupan blog.:-/ , termasuk istilah2nya yg ckp bikin keruitin jidat dan kembali ngegoogling lagih.. b-( .Klo gitu para pemula mesti lbh sering jalan -jalan PLUS(+) BACA.:D..yah..oke deh..maksih ya Om..

    BalasHapus
  127. setiap orang mempunyai gaya sendiri dalam meberikan komentar om, kadang mereka tidak membaca postinganya akan tetapi hanya mengekor pada komentar sebelumnya, sebagai seorang newbie biasanya banga meski yang komentar hanya sekedar asal2 akan tetapi untuk blogger sekaliber o-om pastinya risih juga dengan komentar sampah yang banyak terjadi,

    BalasHapus
  128. Menurut om apakah blog walking itu menjadi faktor pendorong adanya junk comments?

    Thanks atas infonya, mudah2n bisa terus berkarya

    BalasHapus
  129. Om aku blogger pemula jadi masih banyak belajar sama yang senior-senior ini tapi masukan dari om buat saya blogger pemula akan saya terapkan ..siap pokoknya No spam No Junk jadi prinsipnya kan by the way makasih atas tips trik tutorial dari o-om jadi bisa aku praktekan di blog yang baru aku bikin..kunjungi ya biar tambah teman blog walking aja ga papa di http://www.purilangen.blogspot.com

    BalasHapus
  130. ternyata artikel anda dicopas sana sini oleh beberapa blogger.
    nice post mas hehehe.. mampir yah

    BalasHapus
  131. wew!!, sip bgt tipsnya...selama ini saya males banget ngisi comment di blog-blog yang saya kunjungi, tapi setelah baca artikel om, ternyata comment kita bermanfaat yach!,asal sesuai aturan..hehehehe... ;;)

    BalasHapus
  132. oalah, begitu tho, selama ini saya jarang bahkan tidak pernah memberikan koment di beberapa blog / website yang pernah saya kunjungi, ternyata koment sangat besar manfaatnya ya

    kalo gitu saya koment sekarang deh...

    Oh iya mas oom, bolehkah saya pasang bener iklan diblog mas oom ? kalo boleh syaratnya apa mas oom ?

    rencananya saya mau pasang iklan sebuah Bisnis Personal Franchise ya kerjanya cukup ambil hak usaha ga usah cari downline dan ga usah jual product dapat passive income setiap bulan.

    alamat blognya : http://onestop-payment.blogspot.com
    balas ke imel : onestop.payment@google.com ya mas oom

    BalasHapus
  133. maxudnya imel : onestop.payment@gmail.com ya mas oom, maaf yang diatas tadi salah ketak

    BalasHapus
  134. Hehe, postingan tentang komentarnya keren om, sekarang jadi lebih belajar bagaimana mencitrakan diri supaya lebih baek, ternyata ngaruh juga, thanks :)

    BalasHapus
  135. Cara membuat backlink itu bagaimana? Aku masih belum tahu. apa dengan mengklik link it di atas? dan di mana fasilitas backlink artikel ini?

    BalasHapus
  136. Anonim2/11/09

    menurut guwe cinta itu seperti pantai dan ombak pantai tidak pernah melukai ombak tetapi ombak sering melukai pantai yang terus menerus melukai pantai tiyada henti nya begitu pula dalam hidup hidup juga seperti gelombang terkadan kita ada di atas terkadang kita ada di bawah terkadang kita senang terkadang kita sedih oleh karna itu kita sebagai manusia harus bersyukur hidup di dunia inihttp://us.i1.yimg.com/us.yimg.chttp://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/11.gif
    http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/11.gifom/i/mesg/emoticons7/11.gif
    http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/11.gif

    BalasHapus
  137. setuju banget om..
    tapi om juga harus bijak bahwa ya ada juga yang mengunjungi blog2 terkenal (salah satunya blog yang om dan blog saya) dgn tujuan mencari backlink. saran saya..sabar saja.
    untuk yang terbiasa mencari backlink seperti itu, mohon tulisan om ini diperhatikan ya..jangan lupa kunjungi terus blog saya di BOLEHNGEBLOG..ayo semangat..

    BalasHapus
  138. ada feedback yang berkualitas mas...
    hebat nich artikelnya..

    Salam Sukses Selalu ya,

    Luthfi Fuadi Majid
    Blog Share | Luthfi Fuadi Majid

    BalasHapus
  139. O gt ya Om..
    Tp gmn caranya meningkatkan pengunjung blog.. Padahal q dah comment sana-sini tp msh aja dikit pengunjungnya..
    Tuker link y Om
    http://wantoo99.blogspot.com

    BalasHapus
  140. Ini adalah komentar pertama saya di blog o-om.com tapi ini bukan akhir tapi adalah awal komentar saya tunggu komentar saya selanjutnya.

    BalasHapus
  141. salam kenal, saya tau blog ini lewat link yang ada di blognya cosa. sepertinya banyak artikel menarik, walau belum saya lihat sepenuhnya. saya setuju dengan guide untuk comment diatas, saya pernah coba comment beberapa kata di blognya shoemoney dan problogger....yach dalam hitungan jam lansung di delete, mungkin mereka mempertimbangkan kualitas commentar yaaa

    BalasHapus
  142. baik Mas akan saYa budayakan berkomentar yang baIK. Mudah - mudahan bisa Menjadi panutan para Blogger yang lain (Amien)

    BalasHapus
  143. PELUANG BISNIS
    Anda ingin menjadi agen pulsa elektrik all operator?????
    1. Pendaftaran GRATIS
    2. 1 chip all operator
    3. Tidak harus memiliki rekening bank
    4. Deposit minimal Rp 1000, yg penting kelipatan 1000
    5. Transaksi lancar, cepat dan 24 jam non stop
    6. Stok pulsa All operator & tersedia banyak
    7. Sms reply gratis
    8. Saldo anda bebas dari potongan/biaya
    9. Harga pulsa termurah dibanding distributor lain
    10. Satu harga untuk semua agen
    11. Bebas menentukan harga jual ke konsumen
    12. Anda akan kami beri Agen ID, Password dan PIN
    13. Keagenan anda berlaku seumur hidup dan dapat diwariskan
    14. Bisa dapat bonus dari transaksi downline

    Anda bisa bergabung dengan kami dengan cara mendaftar sebagai agen/dealer pulsa all operator. Caranya: Ketik: REG.NOHP.NAMA.KOTA kirim ke 085242462943 (pendaftaran gratis)

    Info lengkap/daftar harga dapat dilihat di http://www.distro-pulsa.blogspot.com/ atau http://www.distro-pulsa.co.cc/

    BalasHapus
  144. Saya stuju, bang...blog saya tergolong sepi pengunjung, apalagi yang sisi komen, kalopun ada yang skedar menyebar baclink doank...cuman tulis "nice artikel"..sukur2 ada tambahan slam kenal...tapi ga apalah...saya lagi belajar. Mudah2an kedepan bisa buat artikel sebagus punya sampean.

    BalasHapus
  145. Setuju banget bang! Akan kucoba untuk berbenah dalam berkomentar! Baca dulu baru komentar, baca adalah langkah awal yang harus dilakukan dan tidak ada tawar menawar. Dapatkan kesimpulannya dan lakukan komentar. Mungkin dengan cara seperti ini baru kita dapatkan komentar yang baik.

    BalasHapus
  146. betul sekali, komentar jangan asal-asalan.
    habis di singgung gitu, yang komen di atas saya semuanya jadi panjang-panjang banget :))

    BalasHapus
  147. Yupzz.. saya sepakat banget..;;)
    artinya, hak kebebasan berpendapat kita tetap diperhatikan,asalkan jangan kebablasan.....

    BalasHapus
  148. EMBEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEER
    bener banget tipsnya
    aku emank jrg dapat komen dan akhir2 ini jarang berkomen2 krn masalah internet. tp emank lebih asik kalau baca komen yg berguna bin bermutu. Balesnya juga enak ^^

    BalasHapus
  149. artikelnya bermanfaat, karena memberikan komentar yang baik sangat penting pada saat kita blogwalking. btw..artikel ini artikel original nya mas ya ? karena saya sudah 2 kali lihat artikel sama seperti ini (semua kata-katanya sama) dan saya tidak lihat ada sumber referensi ke blog ini.

    BalasHapus
  150. saatnya belajar berkomentar dengan baik dan benar...
    tidak hanya absen,tapi memberi respon dari tulisan :)

    BalasHapus
  151. newbie,baru belajar....
    benar nich,berkomentar seperti saat berkunjung kerumah orang.

    BalasHapus
  152. http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/11.gif
    http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/11.gif
    ok deh om

    BalasHapus
  153. ya itu bener tapi mungkin ada waktunya si pengirim komentar lagi terburu mau pergi jadi gak berpikir gimana caranya berkomentar yang baik, mungin kali ya?

    BalasHapus
  154. Wah memang masih dan akan terus banyak komen yang asal-asalan, pengennya cepat dan singkat sampai isi postingan gak dibaca kecuali Judulnya saja. Postingan O-om ini aja masih ada yang komennya kaya' gitu ("thank infonya oom"), bener-bener lucu....

    BalasHapus
  155. tanya nih oom kalau memberi komentar memakai nama lain bukan nama blog kita tetapi pada url tetap diisi url blog sendiri (contohnya komentar saya ini) bagaimana pengaruhnya terhadap blog kita?

    BalasHapus
  156. wah ternyata berkomentar juga banyak aturannya....
    makasih mas jadi tambah tahu tentang etika2nya...

    BalasHapus
  157. Waduh tirma kasih banyak.
    Memang komentar adalah perwakilah dari kualitas pemikiran orang tersebut, semakin berkualitas komentar berarti orang itu berkualitas juga pemikirannya.:-*

    BalasHapus
  158. benar ...anda adalah guru bagi blogger pemula...makanya saya sebagai seorang pemula suka memberikan komentar di blog o-om...walaupun nickname saya master blogger tetapi saya adalah pemula yang belum bisa apa apa...

    eh.... o-om saya undang ke blog pemula yang belum ada pengunjungnya...sekalian minta kritik dan sarannya....!
    Terima kasih...salam hangat dari master blogger pemula

    BalasHapus
  159. Sekedar menggaris bawahi komentar seperti "Thanks atas infonya" atau "Bagus banget artikel ini!" saya sependapat bahwa komentar tersebut dapat dikategorikan Junk Comment atau kata Kang Agus mah "Komentar Sampah".
    Satu tambahan pendapat saya mengenai komentar : "Sebaiknya tidak memberikan komentar tanpa identitas (anonymous commnent) apalagi komentar tersebut berisi kritikan pedas walaupun kritik tersebut sangat bermanfaat untuk perbaikan kualitas tetapi sebaiknya identitas pengirim harus jelas karena siapa tahu nantinya akan terjalin hubungan yang lebih harmonis via email sebagai media pembelajaran.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  160. ql menurut saya sich percuma az
    punya artikel yg menarik tapi trafik ny 0
    satu2 ny jln y ky d'blog OOM nie dgn guest posting.
    selain dpt backlink dan trafik gratis komentar pasti banyak..

    ;;) wulan :p

    BalasHapus
  161. Satu lagi tambahan dari saya (mudah-mudahan bermanfaat):
    Jangan pernah menulis komentar yang dapat merusak reputasi.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  162. Om kunjungi blogku y

    BalasHapus
  163. Anonim10/4/10

    om gmana ya cranya agar komentar dari para pgnunjung tu berbobot..karna biasanya pra pngunjung cma blang thanx infonya gtu-gtu aja komennya....???

    BalasHapus
  164. wah,kita memang hrus bijak ubtuk berkomentar.kalau cara saya nebgomentar seh,bila artkel itu menarik atau yg sya anggap bgus,sya komen klo ngk yah ngk usah,se ikhlas x az,Ok sukses trus.

    BalasHapus
  165. oom tapi kl kita ngasih komen yang berkualitas tapi ttp di akhir or awalnya bilang makasih gak apa apa kan?

    trus kl komen yang namanya pake nama promosi produk gitu bloeh gak. kaya misalnya "CAri duit". itu termasuk junk comment juga gak?

    BalasHapus
  166. wah saya baru sadar om
    kalau yang saya lakuin selama ini komentar sampah kebanyakan
    terimakasih atas artikelnya nie sepertinya bisa menjadi inspirasi buat saya supaya tidak menjadi seorang junker
    akhhh saya rupanya masih harus banyak belajar

    BalasHapus
  167. Thanks buat infonya kang o-om. Tapi kalo kita pasang komentar dan backlink seperti ini Mau Tau Info Obat-Obatan Lengkap?bagaimana om?? Thanks

    BalasHapus
  168. Tertarik juga dengan pembahasan masalah komentar ini memang terkadang komentarlah yang mengindikasikan akan menarik atau tidaknya suatu artikel tetapi terlepas dari itu juga komentar asal-asalan juga terkadang bikin sebel siempunya blog ~x(

    BalasHapus
  169. wah.. bnyknya komentarmuu..:)

    BalasHapus
  170. klo akau yang sesuai topik dimana komentar itu di tempatkan,,mantab dah.

    BalasHapus
  171. Aku sendiri masih berusaha untuk membuat komentar yang terbaik, tapi itu semua tergantung pemilik blog yg kita kasih komen, amu diterima atau tidak

    BalasHapus
  172. berarti harus pinter merangkai kata" nih,hha :p

    BalasHapus
  173. walau sedikit tapi bukan spam loh!

    BalasHapus
  174. Tips sederhana, tapi saya yakin sangat bermanfaat bagi mereka dalam memberikan komentar yang ber-etika. Sukses selalu

    BalasHapus
  175. Terkadang banyak blogger terutama pemula seperti saya yang tidak menguasai topik yang dibaca dalam sebuah blog padahal sudah dibaca dengan cermat dan teliti . Nah...ini dia kemungkinan salah satu penyebab kenapa menuliskan komentar yang ala kadarnya seperti " Thanks Infonya" atau "Bagus Artikelnya" dll, mungkin juga mereka tidak menyadari bahwa komentar mereka masuk dalam kategori komentar "SAMPAH" seperti yang tertulis diatas. Tetapi saya yakin, mereka tidak akan selamanya menjadi "junk comment" . Bener ga teman2..... ???

    BalasHapus
  176. bener banget ya oom bilang, cuman saya kurang sdikit setuju,,
    karena meskipun dengan adanya comment2 seperti itu, blog yg dikomentari juga akan naik juga ranknya om....bener atau salah ??
    top lyrics | song lyrics |music lyrics

    BalasHapus
  177. Terimakasih mas, trip dan sarannya sangat berguna

    BalasHapus
  178. Sangat setuju sekali kang,,,
    terkadang saya meskipun sebagai newbie selalu jengkel jikalau ada komentar yg begituan...
    Mending jika itu hasil copy paste,,
    nah ini kalau hasil keringat kita sendiri..
    Misalnya Puisi, kata2 mutiara,,
    cape2 kita merangkai eh,,
    komentarnya begini:

    "pertamax"
    "Hadir sob"
    "Mantab sob,, jangan lupa kunbalnya" dlll....

    Terimakasih atas Tipsnya,,
    ini bisa membuat saya lebih baik lagi dalam berkomentar..
    Salam Bloggerr..
    Saya masih newbie sekali...

    BalasHapus
  179. waduh tadinya sih cuma mau nulis "makasih infonya". Tapi berhubung ada wanti2 supaya komennya ga junk jadinya saya nulis aga panjang tp intinya balik lagi...makasih infonya, b'guna banget buat blogger pemula seperti saya.

    BalasHapus
  180. ha cantek yg ne...
    thx bro..

    BalasHapus
  181. I think, your article will help people to increasing their ability in order to give a proper comment of the article they read.

    But, you must understand that no body is perfect and they still need to learn in how to give a proper comment of the article they read.

    BalasHapus
  182. Intinya komentar ada etikanya, biar komentar tersebut dapat membangun dan memberi masukan dalam kemajuan kualitas tulisan.
    Buat apa komentar kalau buat memburu backlink toh itu belum tentu memuaskan kita juga termasuk pemilik blognya

    BalasHapus
  183. yang menjadi pertayaan saya kalo sudah terlanjur di publis komentar yg tdk bermutu tersebut apa perlu di hapus om.

    BalasHapus
  184. bener tu om apa kata om tadi...........

    BalasHapus
  185. Terimakasih banyak atas informasinya

    BalasHapus
  186. Terimakasih atas banyak Informasi yang telah disampaikannya

    BalasHapus
  187. Berkomentar pada blog lain adalah cara lain untuk memasarkan diri dan blog kita. Menulis komentar yang berarti dan merespon pada komentar lain adalah cara yang bagus untuk meninggalkan kesan yang baik pada penulis blog dan pembacanya.

    Semoga dapat menginspirasi kita semua dan membuat dunia blog Indonesia menjadi lebih baik…
    Terimakasih

    BalasHapus

Silahkan beri komentar dengan bijak dan sesuai dengan topik artikel, karena semua komentar akan saya moderasi terlebih dahulu sebelum ditampilkan. Thanks :)

 

Back to Top