Blog Inspirasi Digital

Blog Inspirasi Digital

Tutorial Mikrotik, Hotspot, Blog, SEO, WEB 2.0, HTML, CSS, Javascript dan Inspirasi Digital

Launching ZoomQueries Beta 1.0 - Professional Tool For Testing Your Responsive Web Design

rwd
Mencoba hasil tampilan dari desain Responsive pada blog atau website pada beberapa perangkat berbeda rasanya sangat mustahil, coba saja bayangkan mungkin saat ini sudah ada sekitar puluhan bahkan hampir ratusan jenis perangkat Smart Phone dan Tablet dengan berbagai Merk yang berbeda. Mungkin saya juga sama seperti sobat semua yang hanya memiliki 1 sampai 3 saja perangkat ponsel pintar dalam genggaman dan saya yakin kalian juga pastinya sudah mencoba sendiri desain blog kalian di SmartPhone atau Tablet kalian masing-masing dan tentu saja hasilnya pasti bagus dan sesuai dengan harapan, tapi jelas ada tapinya apakah desain yang kalian rancang juga bakal sesuai di perangkat yang belum pernah kalian coba sebelumnya misalkan pada perangkat iOS, BB10 atau pada perangkat Android dan Windows 8 yang tentu saja banyak sekali jenis varian perangkatnya? Nah kalau belum pernah berarti kalian harus mencoba Tool terbaru yang saya beri nama ZOOMQUERIES Beta 1.0 yang berguna untuk mengetahui seberapa bagus hasil Desain Responsive Blog kalian jika dicoba pada beberapa perangkat dan merk yang berbeda pula.

ZoomQueries Beta 1.0 merupakan salah satu Testing Tool Responsive Web Design dengan hasil 90% nyaris akurat karena dirancang dengan pendekatan sebenarnya dan menggunakan algoritma yang terbilang rumit, bagaimana tidak..karena hampir 1 bulan saya melakukan riset dan mempelajari beberapa istilah yang sebenarnya juga asing buat saya pribadi, terutama untuk istilah CSS PIXEL RATIO, PHYSICAL RESOLUTION, LOGICAL RESOLUTION, RETINA DEVICE dan VIEWPORT. Setelah beberapa istilah yang asing saya mengerti barulah saya bisa merancang tool ini agar bisa sesuai dengan keadaan resolusi perangkat sebenarnya.


Jika dibandingkan dengan Testing Tool Responsive Web Design sejenis yang hanya mengandalkan Pixel nyata dan kebanyakan langsung ditampilkan pada resolusi perangkat PC tentu saja hasil akhirnya juga akan berbeda dengan perangkat SmartPhone dan Tablet sebenarnya, misalkan perangkat BlackBerry Z10 dengan resolusi 768x1280 ini hanyalah merupakan PHYSICAL RESOLUTION dan resolusi sebenarnya yang ditampilkan adalah LOGICAL RESOLUTION dimana pada layar bukan sebagai 768x1280 namun yang tampil pada layar nyata adalah 324x571 hal ini karena BlackBerry Z10 mempunyai CSS Pixel Ratio 2.24 bukan CSS Pixel Ratio 1 seperti pada layar PC kebanyakan. Jika kalian bingung dengan penjelasan teknis diatas berarti kita "SAMA" saya yang nulisnya juga bingung hehehehe


Pada ZoomQueries Beta 1.0 saya juga menanamkan fasilitas untuk mempermudah kalian semua memperbaiki dan mengedit secara langsung desain yang sedang dibuat, karena disitu sudah tersedia HTML ONLINE EDITOR yang support untuk mengedit HTML, CSS dan Javascript asalkan bukan PHP dan ASP ya :), selain itu kalian juga bisa menentukan diarea mana desain itu ingin ditampilkan karena dsitu sudah tersedia juga dua Mode pilihan yaitu SIMPLE MODE dan DEVICE MODE. Kalian juga bisa mencobanya langsung secara online dengan memasukan alamat URL atau secara offline dalam area Localhost.

ZOOMQUERIES BETA 1.0 Features:
  • Custom Viewer Mode (Simple Mode or Device Mode)
  • HTTP and Localhost Support
  • Fast Reloading Page
  • Easy HTML Editor (CSS and Javascript Support)
  • Viewport Size Info for Browser or Device
  • Custom Resize Handle
  • Support Locked for Browser Resize
  • Rotate Portrait or Lanscape
  • Device size Area for 240px, 320px, 480px, 768px, 1024px, 1216px or Full Screen
  • 50+ Device Viewport Size (Mobile, Tablet, Desktop)
  • Support Fullscreen Browser
  • Simple Bookmark and Share Url

Untuk mencoba tool ini tidak ada yang perlu saya jelaskan secara rinci yang kalian lakukan hanya memasukan URL alamat blog atau web saja dan biarkan ZoomQueries yang bekerja.

Silahkan sambangi langsung dengan Link dibawah ini:
http://zoomqueries.net/
http://zoomqueries.net/?url=http://www.o-om.com

Akhir kata terus terang tool ini jauh dari kata sempurna dan hanya sobat semualah yang bisa menilainya, mohon juga masukannya dan informasi bugs agar saya bisa mengembangkan tool ini jauh lebih bagus lagi.

Kalau suka dengan ZoomQueries.com kasih jempol Like-nya ya :D

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak dan sesuai dengan topik artikel :)
 

Back to Top