PLEASE DISABLE YOUR ADBLOCK OR DNS BLOCKED FOR SUPPORT THIS SITE!

Blog Inspirasi Digital

Blog Inspirasi Digital

Tutorial Mikrotik, Hotspot, Blog, SEO, WEB 2.0, HTML, CSS, Javascript dan Inspirasi Digital

Pro dan Kontra Dalam Dofollow Blog

Penulis: Reza Winandar | Ngakak Gila


Saat ini, dofollow adalah kata yang tidak asing bagi kita, terutama bagi para blogger yang hobi hunting backlink dengan cara berkomentar. Masih banyak yang ragu untuk membuat blog mereka dofollow karena beberapa faktor, seperti takut rankingnya tersaingi oleh blogger lain, ataupun takut pagerank-nya di sunat oleh Om Google. Saya sendiri tidak bisa berkomentar terhadap yang satu ini karena saya memang bukan karyawan Google. Beberapa waktu yang lalu, Blogger telah membuat seluruh blog berbasis Blogspot menjadi no follow karena adanya teknik untuk membuat link dalam komentar menjadi dofollow menjadi mudah, mungkin di antara kalian sudah sering mempraktikkannya. Teknik tersebut tidak akan saya bahas karena sudah tidak berguna lagi karena kini Blogger lebih tegas terhadap komentar spam. Tapi dalam postingan kali ini saya akan mencoba mengulas beberapa kelebihan dan kekurangan dari dofollow blog.


Pro :

* Mendapat lonjakan trafik yang berlipat ganda, apalagi jika anda pengguna Wordpress dan menggunakan plugin KeywordLuv, anda akan mendapat trafik dari search engine dalam jumlah yang lumayan
* Mendapat komentar yang berlipat ganda, tahu sendiri lah kenapa :)
* Biasanya akan ada banyak pengunjung setia (loyal reader) yang selalu mengunjungi blog kita
* Jumlah pelanggan feed bertambah drastis, karena pelanggan ingin selalu mengikuti update blog anda
* Blog menjadi semakin populer apabila blog anda sebelumnya telah populer dengan keadaan no follow.
* Mendapat trafik yang stabil walaupun blog jarang diupdate
* Menghargai para komentator yang telah bersusah payah memberi komentar, sehingga memotivasi mereka untuk memberi komentar yang lebih baik lagi


Kontra :

* Banyak komentar yang bersifat spam dengan tujuan hanya mendapat backlink semata
* Sudah pasti anda akan kewalahan mengurus banyaknya komentar (apabila anda memoderasi seluruh komentar tersebut)
* Kesempatan untuk menjual link atau iklan berkurang karena para advertiser dapat memanfaatkan blog anda yang dofollow.
* Apabila terlalu banyak komentar (sekitar di atas 100), maka search engine akan kewalahan mengindex blog anda karena terlalu banyak link yang keluar.
* Apabila backlink-backlink tersebut masih satu tema dengan blog anda, itu tidak jadi masalah, TAPI apabila blog tersebut jauh dari tema blog anda (seperti jualan obat-obatan atau apapun yang tidak berhubungan dengan blog), maka bisa jadi search engine akan menganggap blog anda hanyalah junk blog.
* Apabila anda menggunakan self-hosted Wordpress, maka bisa jadi bandwidth anda akan cepat habis karena terlalu banyak page impression dikarenakan para pengunjung ingin meninggalkan backlink hampir di seluruh postingan.
* Komentar yang kurang bagus, di dalamnya terdapat berbagai macam link. Biarpun komentarnya berbobot, namun jika terlalu banyak link akan kurang bagus di mata search engine.


Saya telah memberikan beberapa contoh kelebihan dan kekurangan dofollow blog. Membuat blog dofollow dapat membuat lonjakan trafik yang cukup cepat, namun terdapat berbagai macam masalah yang berhubungan dengan spam. Akhirnya, keputusan tetap ada di tangan anda, jadi pikirkanlah baik-baik. Guest post berikutnya saya akan membahas bagaimana membuat blog anda dofollow namun tidak terlihat spammy.



Penasaran siapa dibalik penulis artikel ini? Reza Winandar | Ngakak Gila


BERI KOMENTAR

Maaf untuk sementara waktu komentar di blog ini di nonaftifkan.

 

Back to Top