Blog Inspirasi Digital

Blog Inspirasi Digital

Tutorial Mikrotik, Hotspot, Blog, SEO, WEB 2.0, HTML, CSS, Javascript dan Inspirasi Digital

Tanya-Jawab sebelum Custom Domain di Blogger (Blogspot)

Banyak sahabat blogger yang menanyakan bagaimana melakukan Custom Domain di blogger, pesan pertanyaan ini om terima melalui media shoutbox, Email dan YM, sempat kewalahan juga menjawab semua pertanyaan yang sama, dari pada om membuat kalian kecewa gak bisa menjawab semua pesan kalian, lebih baik om tulis disini aja ya :)


Penjelasan singkat, Custom Domain merupakan nama domain pilihan yang bisa digunakan sebagai alternative menggantikan nama blog mu diblogger (blogspot). Kita bisa menggantikan alamat namablog.blogspot.com dengan namablog.com. Dengan menggunakan domain sendiri tentu blog akan terlihat lebih profesional dan terlihat lebih serius dalam pengelolaannya, ingat ya..jangan salah mengartikan kata profesional, disini hanya sebagai kiasan saja bukan berarti dengan domain sendiri lantas blog langsung dikatakan profesional, namum tidak ada salahnya kita mencoba menuju ke arah ini sebagai bukti kalau kita serius dalam mengelola blog milik kita sendiri..ok. 


Sebelum melangkah lebih jauh tentang Custom domain mungkin tanya-jawab dibawah ini bisa menjawab sebagian pertanyaan:


Blogger : Perlu ya om kita melakukan custom domain?

OOM : Ini pertanyaan yang abstrak buat saya, semua jawaban tergantung pada diri kita masing-masing :) mungkin dengan menggunakan domain sendiri tentu blog kamu terlihat lebih serius dalam pengelolaannya.


Blogger : Mahal gak beli nama domain?

Oom : Untuk membeli domain gak mahal, kita cuma butuh kocek sekitar 60-150 ribu / tahun ( Harga jasa hosting dan domain bisa berbeda ya tergantung dimana kita melakukan pendaftaran)


Blogger : Apakah proses registrasi nama domain cukup sulit dan memakan waktu?

Oom : Tidak juga, setelah kita melakukan registrasi pada layanan tempat kita beli domain selanjutnya kita cukup meluangkan waktu sebentar ke ATM atau Bank terdekat untuk proses pembayaran. (agar lebih mudah dalam proses pendaftaran dan pembayaran mending cari penyedia layanan hosting di kota sendiri)


Blogger : Saya dengar kalo dah punya domain kita juga harus Hosting?

Oom : Siapa bilang? kita cuma butuh domain saja khan hosting-nya tetap di blogger ( jika sudah punya hosting sendiri blogger memberikan kita kemudahan dengan mengarahkan ke server FTP eksternal, ini mungkin saya jelaskan pada artikel selanjutnya)


Blogger : Cara ngecek nama domain dimana om?

Oom : Banyak sekali, coba search di om google dengan katakunci "domain lookup" atau klik aja disini


Blogger : Cara daftar nama domain dimana om?

Oom : Nah ini jawabannya relative, om tidak mungkin memberikan salah satu alamat karena tidak ada hubungan langsung dengan jasa domain dan hosting yang bakal digunakan, namum cara yang mudah yaitu mencari di om google dengan kata kunci "hosting murah" atau "nama domain murah" atau klik aja disini


Blogger : Trus kalo dah beli, diapain om?

Oom : Tinggal melakukan setting ke penyedia layanan DNS server gratis dan sedikit melakukan konfigurasi di blogger.



BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak dan sesuai dengan topik artikel :)
 

Back to Top