Blog Inspirasi Digital

Blog Inspirasi Digital

Tutorial Mikrotik, Hotspot, Blog, SEO, WEB 2.0, HTML, CSS, Javascript dan Inspirasi Digital

Rahasia dibalik "Meta Title Tag" Blogger

Jika anda perhatikan Title diblog o-om.com sekilas tidak ada kejanggalan, namum dibalik Title Blog o-om.com sebenarnya tersimpan rahasia yang jarang diketahui para Blogger.

Keyword pada Meta Title Tag Blogger mempunyai peranan cukup vital, hampir seluruh Search Engine memberikan penekanan pada pengunaan Title (judul). Judul sebaiknya mewakili 2 sampai 3 kata kunci, semakin dekat posisi kata kunci pada awal judul maka akan semain baik. Jika anda mempunyai penekanan pada judul yang pendek ini tidak terlalu bermasalah, namun ada kalanya judul yang anda masukan lebih dari 10 kata dan terlihat panjang. Terus terang ini menjadi masalah serius jika anda benar-benar fokus pada penggunan title, pengunaan title yang panjang akan merusak judul postingan anda di Search Engine. ini disebabkan keberadaan keyword pada judul postingan anda akan dirampas oleh title blog anda. Perlu anda ketahui search engine tidak akan menampilkan result percarian text keseluruhan tapi akan memotong keyword anda dengan tanda [....] sebagai text lanjutan.


Jika anda perhatikan Title diblog o-om.com sekilas tidak ada kejanggalan, namum dibalik Title Blog o-om.com sebenarnya tersimpan rahasia yang jarang diketahui para blogger. walau anda View Source pada browser, anda tidak akan melihat apapun perubahan kode pada meta title blog ini karena browser sudah melakukan konversi Html ke modus default standar, jadi bukan menampilkan Html seperti Script default pada Edit Html Blogger.


Bisa anda lihat Title utama blog ini terbilang panjang, dimana O-OM'S BLOG merupakan Judul blog, kemudian diikuti beberapa kata kunci utama. Lalu apa yang terjadi pada result pencarian search engine ketika saya menggunakan Title yang panjang pada title standar blogger, sebagai contoh keyword "Cara membuat Favicon" masalah utama jelas pengguna tidak akan pernah menemukan kata kunci dengan judul tersebut, sudah jelas terlihat punggunaan Title yang panjang akan menjadi masalah vital dimana anda akan kehilangan kata kunci pada judul posting.


Contoh masalah pada Title yang panjang:

 O-OM'S BLOG | Tips dan Trik Blogger untuk Pemula: Cara ....


Lihat perbedaan hasil pencarian diatas dengan hasil pencarian dibawah ini, mana menurut anda yang terbaik?? Tentu saja yang dibawah, jelas sekali keyword judul posting berada dibelakang Judul blog sebelum kata kunci utama. klik Disini untuk lebih jelasnya


Contoh Title yang panjang setelah dimodifikasi:

 O-OM'S BLOG: Cara Buat Favicon | Tips dan Trik Blogger ....


Bagaimana saya memanipulasi agar judul posting berada diantara antara Judul blog dan Kata kunci utama, ikuti cara dibawah ini agar anda mengetahui perbedaannya.


1. Masuk Pada Layout -> Elemen halaman -> tuju pada Header kemudian klik Edit.

2. Pada Judul Blog masukan nama blog anda (Sebaiknya gunakan 2 kata saja)

3. Kemudian Masuk ke halaman Edit HTML lalu cari kode dibawah ini.

<title><data:blog.pageTitle/></title>

Lalu tambahkan katakunci anda seperti contoh text warna merah dibawah ini (silahkan ganti dengan kata kunci anda sendiri)

<title><data:blog.pageTitle/> | katakunci1, katakunci 2, katakunci3</title>

4. Silahkan di Simpan dan lihat hasilnya.


Title terlalu panjang "No Problem" sekarang anda tidak perlu takut menggunakan Title yang panjang, apalagi kehilangan keyword judul postingan pada search engine...silahkan mencoba melakukan experimen sendiri. Thanks O-OM

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak dan sesuai dengan topik artikel :)
 

Back to Top