Blog Inspirasi Digital

Blog Inspirasi Digital

Tutorial Mikrotik, Hotspot, Blog, SEO, WEB 2.0, HTML, CSS, Javascript dan Inspirasi Digital

Embedded Comment Form di bawah postingan

New Features: Embedded Comment Form (blogger in draft)

Setelah sekian lama di complaint penggunannya, akhirnya Team Blogger memperbaiki juga rumitnya masalah pada form komentar, Pada fitur baru kali ini kita tidak akan lagi menemukan komentar blogger yang menyebalkan. sekarang Blogger membolehkan kita memasang form komentar (Embedded Comment Form) dibawah postingan. Om yakin ini yang pasti kita nantikan sampai saat ini.



Untuk memasang Embedded Comment Form pertama login dulu ke http://draft.blogger.com kemudian pada halaman "Pengaturan" pilih tab "Komentar" setelah itu tuju ke  "Penempatan Formulis Komentar" jangan lupa beri tanda centang pada "disematkan di bawah entry" jangan lupa disimpan dan lihat hasilnya.


 

STOP ! Kalo cara diatas sudah berhasil artikel dibawah ini tidak perlu dilanjutkan.


Perlu diketahui sebelum mencoba fitur ini kadang tidak langsung berhasil pada template yang sudah di modifikasi, untuk blog yang belum di modifikasi saya rasa tidak ada masalah.  Untuk mengatasi masalah ini blogger memberikan cara yang terbilang kurang baik, yaitu dengan cara menghapus koding <b:widget id='Blog1' locked='true' title='Blog Posts' type='Blog'> kemudian menempatkan kembali kodenya pada posisi semula. Cara ini sebenarnya tidak menghapus element halaman post, jika tetap dipaksakan kita akan kehilangan settingan sebelumnya.


Untuk solusinya coba masuk ke halaman Tata letak - Edit HML (jangan lupa beri tanda centang pada Expand Template Widget).


Cari kode dibawah ini: (Kadang setiap template agak berbeda jadi focus saja ke kode yang warna hijau)

 


<p class='comment-footer'>
        <b:if cond='data:post.allowComments'>
        <a expr:href='data:post.addCommentUrl'             expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'><data:postCommentMsg/></a>
    </b:if>
</p>

 

Sudah? kemudian hapus semua kode diatas dan ganti dengan semua kode dibawah ini.

 


<p class='comment-footer'>
<b:if cond='data:post.embedCommentForm'>
<b:include data='post' name='comment-form'/>
<b:else/>
<b:if cond='data:post.allowComments'>
<a expr:href='data:post.addCommentUrl' expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'><data:postCommentMsg/></a>
</b:if>
</b:if>
</p>

 

Jangan lupa disimpan, silahkan dicoba kembali, jika masih belum berhasil coba kembali ke ke halaman komentar dan beri tanda cetang kembali "disematkan di bawah entry"Semoga cara ini cara diatas bisa membantu. Thanks (o-om.com)

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak dan sesuai dengan topik artikel :)
 

Back to Top