PLEASE DISABLE YOUR ADBLOCK OR DNS BLOCKED FOR SUPPORT THIS SITE!

Blog Inspirasi Digital

Blog Inspirasi Digital

Tutorial Mikrotik, Hotspot, Blog, SEO, WEB 2.0, HTML, CSS, Javascript dan Inspirasi Digital

Pilihan Free Short URL Script mirip TinyURL

Siapa yang tidak kenal dengan TinyURL sebagai penyedia layanan Short URL dan Layanan Cloaking paling populer. Dengan layanan TinyURL inilah yang memungkinkan kita menyingkat URL yang panjang menjadi lebih pendek. Dari sekian banyak kegunaan Short URL, selain fungsi redirect, tentu saja yang paling utama memudahkan kita menyembunyikan link orisinil dari program Affiliate dan memungkinkan kita menyamarkan link orisinil yang akan dipromosikan.


Dari sini tentu kita sudah punya gambaran kegunaan layanan Short URL, namun alangkah baiknya bila kita membuat sendiri layanan yang sama dengan menggunakan Custom URL pada domain sendiri tentunya.


Sebenarnya banyak sekali penyedia layanan Script untuk Short URL, tentu saja ada yang gratis dan ada yang berbayar, namun kali ini saya hanya memberi rujukan yang gratis saja. Ada dua free script Short URL yang menurut saya layak untuk dicoba yaitu dari layanan Plusphp dan Shorty


Dari dua layanan diatas tentu masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, layanan Plusphp mungkin lebih mudah, sayangnya layanan ini belum support  menggunakan Custom Url, dan masih menggunakan karakter secara acak. Salah satu contoh layanan Free Short Url milik saya menggunakan Plusphp bisa dilihat di http://url.o-om.com.



Jika dibandingkan dengan layanan plusphp tentu saja layanan Shorty lebih bagus, kita lebih mudah menentukan sendiri karakter yang ingin digunakan, bisa secara otomatis, berdasarkan keyword atau secara random. Untuk mencoba demonya silahkan lihat disini



Cara installasi Free Short URL Script diatas juga tidak begitu sulit, kita tinggal Upload saja langsung file PHP script ke web hosting milik sendiri tentunya. Silahkan baca panduan Help/Readme untuk keterangan setting dan installasi selanjutnya.


Selamat mencoba, happy blogging with o-om.com

BERI KOMENTAR

Maaf untuk sementara waktu komentar di blog ini di nonaftifkan.

 

Back to Top