PLEASE DISABLE YOUR ADBLOCK OR DNS BLOCKED FOR SUPPORT THIS SITE!

Blog Inspirasi Digital

Blog Inspirasi Digital

Tutorial Mikrotik, Hotspot, Blog, SEO, WEB 2.0, HTML, CSS, Javascript dan Inspirasi Digital

Cara Mendeteksi Mobile User Agents dan Browsers (bag 2)

Seperti janji saya pada akhir post sebelumnya tentang merangcang RSS FEED untuk versi mobile phone, sekarang saya coba langsung membahas bagaimana cara mendeteksi program yang kita buat apakah hanya dapat ditampilkan khusus untuk versi mobile phone atau dapat juga dilihat pada standar dibrowser.

 

untuk memahami maksud artikel ini, sekarang coba rekan mengakses m.o-om.net,  sudah jelas ya alamat ini masih leluasa dapat ditampilkan pada halaman standar browser pada versi dekstop. Nah, untuk contoh lainnya sekarang saya minta rekan untuk mencoba mengakses halaman kaskus versi mobile dialamat ini m.kaskus.us  apa yang terjadi? ya, kita tidak bisa mengakases kaskus  mobile langsung dari browser dekstop, tapi kita langsung diredirect ke situs utamanya.

 

Sekarang yang jadi pertanyaan gimana programmer kaskus bisa membuat redirect seperti itu? ternyata caranya tidak terlalu sulit, walaupun saya sendiri tidak pernah melihat langsung script dari mobile kaskus paling tidak logika progammingnya sama saja :)

 

Cara yang paling mudah yaitu menggunakan script PHP yang sudah disediakan pihak ketiga, saya biasa menggunakan script dari detectmobilebrowsers.mobi, atau silakan download source codenya disini.

Saya beri sedikit gambaran bahwa script ini mempunyai fungsi terdiri dari 8 pilihan parameter untuk membuatnya bekerja. jadi bisa dikatakan setiap 8 parameter menangani skenario yang berbeda pula. namun yang perlu diingat jangan lupa untuk memanggil fungsi ini terlalebih dahulu agar semua fungsi pendukung bisa berkerja dengan baik.

 

include ( 'mobile_device_detect.php');
$ mobile = mobile_device_detect ();

 

Jika rekan masih bingung untuk setting setiap paramater, sebenarnya ada yang lebih mudah lagi dengan menggunakan fungsi generator yang juga sudah disediakan oleh situs diatas. silahkan dicoba saja. oh iya, untuk scipt pilihan bahasa program lainnya bisa langsung pelajari saja disitus ini detectmobilebrowser.com

 

Sebenarnya sampai disini saja penjelasan diatas sudah bisa saya katakan selesai, memang untuk kali ini rekan paling tidak harus sedikit mengerti tentang PHP, jadi tidak terlalu sulit untuk menerapkannya.

 

Semoga artike ini bermanfaat :)

BERI KOMENTAR

Maaf untuk sementara waktu komentar di blog ini di nonaftifkan.

 

Back to Top