Blog Inspirasi Digital

Blog Inspirasi Digital

Tutorial Mikrotik, Hotspot, Blog, SEO, WEB 2.0, HTML, CSS, Javascript dan Inspirasi Digital

Memilih Template Yang Benar

Penulis: Biyan A Pasau | i-biyan.com


Template mu adalah identitas mu. Pemilihan template tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Saya pernah mereview salah satu blog yang berNiche cord gitar tetapi template yang digunakan berbasis magazine (*mudah-mudahan orangnya gak baca ini). Tidak salah memang…ini tergantung dengan tastenya si Admin. Masalahnya, apakah ini cocok dimata yang lain. Blog tidak hanya dilihat untuk kita sendiri selaku admin tetapi juga untuk mereka yang bertindak sebagai visitor.

Untuk blog non komersil seperti saya ^ ^, pemilihan template bebas bisa anda lakukan secara sepihak mengingat bahwa itu tidak diperuntukan untuk moneytise bahkan mungkin dikhususkan untuk anda sendiri.

Mari abaikan pihak non Moneytize…kita berbicara tentang blogger komersil.

Saya hanya mau sharing tentang tips dan trik memilih template.

Ingat nice anda
Tanyakan pada diri anda, tema apa yang akan saya usung? Apakah Uang Segar $_$, Blog Tutorial, Cord Gitar, Gallery & Screenshoot atau yang lain. Jangan gunakan tema yang tidak nyambung semisal nice Cord Gitar tetapi menggunakan template dengan style portfolio. Kalau cord gitar yah code gitar. Kalau affiliasi dengan amazone yah model seperti template reseller, kalau template gallery yah template gallery.

Perhatikan Komentar yang Masuk
Saat berkunjung ke blogger gallery semisal dzignine.com atau zoomtemplate.com, bagian bawah dari template tersebut biasanya berisi komentar. Kita tidak bisa mengatakan kalau template tanpa komentar tidak bagus, atau template yang banyak komentarya itu bagus. Coba perhatikan kandungan komentar yang masuk. Mereka marah, berterima kasih, atau mencela bahkan bertanya?

Analisa saya seperti ini:

- Komentar yang berisi ucapan terimakasih, berarti author tersebut sangat semangat sampai sampai mengucapkan terima kasih, atau dia sedang kebelet dan memang sangat membutuhkan design seperti itu atau yang lebih parah…dia sedang blogwalking. Ini tidak usah dijadikan acuan mengingat belum tentu anda membutuhkannya juga.

- Komentar mencela, marah dll yang sedarah. Bisa ditebak kalau template itu banyak masalahnya. Apakah tidak lulus cross browser atau designya yang terhambur…entah lah. Ini yang anda jadikan acuan. Kalau perlu jangan diambil.

- Komentar bertanya. Ini komentatornya yang tidak mengerti karena tidak membaca tutorial dari sang designer dengan baik atau karena memang tutorialnya tidak ada? Beberapa template memang memiliki instruksi instalasi yang lumayan rumit. Biasanya sih template rumit itu berbasis magazine atau portfolio yang menggunakan jquerry dan mootools. Kalau anda tidak yakin, jangan diambil.

Tested In Major Browser
Pastikan template yang kamu inginkan/gunakan sudah dites di browser besar semisal Mozilla FF 3 keatas, Opera 10, Chrome semua jenis, Safari semua keluarga, dan yang terpenting IE 7-8. IE sekeluarga itu yang paling perlu anda perhatikan mengingat dia biasanya menghancurkan tampilan template.

“Jika membuat template / theme dalam bentuk apapun buat seindah mungkin, tapi tetap terlihat rapi dan terbaca di web browser terjelek sekalipun. Karena kita tidak akan pernah tau web browser apa yang visitor gunakan, dan kita tentunya tidak bisa memaksakannya.”

Proses ini bisa dikatakan sebagai proses terpenting dalam menjelajah template gallery. Walau terlihat indah dimata Mozilla FF tetapi kalau Terhambur di IE sekeluarga, sebaiknya jangan diambil. Ini hanya bisa merusak reputasi anda sebagai blogger professional.

SEO
Perhatikan juga dari segi SEOnya. Apakah penempatan tag tag sudah dilakukan secara sempurna. Tahapan ini dinamakan semantic structure. Ada satu tools yang menarik yang bisa anda gunakan untuk menganalisa disain SEO friendly suatu template. Namanya Raven. Ada Versi trial nya loh ^.^

Size
Saat mendownload, perhatikan sizenya. Saya tidak menyarankan anda untuk menggunakan template yang size file XML nya lebih dari 50kb. Jangan lihat size ini saat mendownload. Kadang file yang anda download memang bersize besar karena banyak yang authornya isikan (*bisa saja batu). Jadi kalau mau melihat size aslinya, extract dulu file rar/zip tersebut lalu cari file XML. Kalau file XMLnya bersise diatas 50kb sebaiknya jangan digunakan. Tetapi ini hanya saran lho. Semuanya tergantung anda.

Ok..sekian dulu. Kalau tidak sibuk berdiskusi dengan Google Adsense kemungkinan saya akan menulis tentang “Bagaimana Membuat Blogger Newbie Terlihat Profesional”

182 komentar:

  1. m_chandra10/4/10

    insya Allah pertamax. .

    BalasHapus
  2. bener.....yang pasti template yang cepet loadingnya simple namun elegan dan buat betah pengunjung itu yang bagus menurutku

    BalasHapus
  3. hmm... mantap! informasi yang bermanfaat. memanga kadang saat memilih template gak mesti melihat faktor2 itu, yg penting comot dan pasang, kalau gk cocok dan terasa berat saat ngeload ya ganti lagi, :D

    BalasHapus
  4. biasanya template yang light clean dan white lebih cepat loadingnya ... makasih dah share

    BalasHapus
  5. Terimakasih tipsnya Om... Btw...template yg saya pake termasuk berat ga ya? :D

    BalasHapus
  6. Template memang sudah menjadi sesuatu hal yang tidak akan terpisahkan oleh kepribadian seseorang. Baik itu berdasarkan pikiran dan alam bawah sadar seseorang.

    Pemilihan template blog yang baik dan benar juga bisa membuat pengunjung betah. Apa lagi kalau templatenya yang beda dari yang lain.

    Ke kreatifanlah yang membuat mereka memilih. Juga menimbang apakah template tersebut sudah cocok dengan tema artikel pada blog.

    Apabila template dan tema artikel blog memang sudah pas, segeralah diganti. Juga ada saran nih dari saya sebelum menganti template :

    1. Backup blog.
    Ini agar widget yang ada dalam blog tidak hilang. Kamu ke page elements, terus edit yang kamu backup. Kamu masukkan deh kodenya di notepad. Agar nanti kalau sudah diganti bisa dimasukkan lagi ke elements halaman pada template baru.

    2. Copy meta tag
    Apabila anda menanamkan meta tag di template anda. Anda bisa mengcopy dahulu di notepad code meta tag tersebut dan di taruh di template baru

    3. Diskusikan dahulu
    Buatlah suatu diskusi pada postingan blog anda agar para pengunjung blog anda dapat memilih template yang mereka suka. Kenapa harus? Karena pengunjung adalah orang yang dihormati. Dia juga berhak terlibat dalam pemilihan template yang baik

    4. Periksa dahulu kode template anda.
    Jika kamu sudah mendownload tema yang .xml , kamu coba buka dahulu di notepad. Terus kamu cari file yang mengandung gambar (jpg, gif, dsb). Kenapa? Itu juga mempengaruhi kecepatan akses blog. Misalnya banyak file gambar pada template anda, tandanya anda bersiap loading lama pada blog anda.

    Sekian info dari saya... Semoga bermanfaat

    BalasHapus
  7. wah agak sulit juga ya om milih templatenya
    udah kegandrungan ama tmplate yg ane pake seh om,,kalo mo ganti malah jadi stress,,hehehe ~x(

    BalasHapus
  8. wah baru tahu nich... mkasih infonya ya, nambah isi otak

    BalasHapus
  9. jangan lupa bila menggunakan template buatan blogger lain sebaiknya tak mengubah bagian kredit, sebagai penghargaan terhadap karya orang lain. Bila terpaksa ingin mengubah, mintalah izin pada empunya template :D

    BalasHapus
  10. Waduww jadi bertanya pada diri sendiri nih !
    Template untuk blog saya sesuai gak dengan tema dan pas gak di hati para visitor

    BalasHapus
  11. Pokoknya jangan memilih template sembarangan, pilih template yangsemua fitur dasar blogger bisa bekerja dengan baik dan seo friendly, bukan begitu om ???? hehehehehe

    BalasHapus
  12. wah makasih banget om.. aras pencerrahannya,, saya sebenranya masih bingung, o iya teplate saya, kemarin download dri om. kasih banyak ya om,,

    BalasHapus
  13. kalau saya template yang terpenting adalah funsionalitas. tidak perlu berlebihan yang penting pembaca betah berada di blog kita.

    Ini juga jadi poin plus juga lho karena mempercepat loading blog untuk versi template minimalis ^_^

    BalasHapus
  14. menarik sekali artikelnya..
    saya juga lagi pusing ne template yg gmn yg cocok buat blog saya...

    thanks...

    BalasHapus
  15. Kadang ada template yang bagian kreditnya ngga bisa dihapus atau diedit, bissa error...blog kita ngga bisa dibuka sama sekali. Ini kejadian yang pernah saya alami.

    BalasHapus
  16. udah beberapa kali gonta ganti template, sampe pusing sendiri, capek..., tp kalo aku suka yang simple Om..

    BalasHapus
  17. Tip's infonya menarik...;)

    BalasHapus
  18. bang komentari tentang template blog saya yang satu ini emang bukan template asli saya, karena saya lagi membuatnya. setelah saya coba enak banget palke template ini... mohon arahannya bang,,, belum juga apa-apa aku udah apsang adsense..
    ini amat blognya ; http://pencuri-pemburu.blogspot.com/

    BalasHapus
  19. yg penting punya kerajaan di dunia maya...;)

    BalasHapus
  20. Wah... satu lagi nih yang membahas tentang kualitas template..
    oh iya, sebagai informasi saja, saya juga pernah pernah membahas masalah sejenis di blog saya...

    om.. posting sesuatu dunk...
    kayaknya dah lama nggak posting sendiri...

    BalasHapus
  21. Kalau aku sekarang lebih suka pakai template standarnya, cuma aku utak-atik sedikit. Soale lebih ringan loadingnya...
    Btw makasih untuk tipsnya...

    BalasHapus
  22. Makasih Om...
    Coba lihat dong Om... Template yang saya gunakan, apa sesuai dengan temanya.... please deh...
    Salam ...

    BalasHapus
  23. repot dah ngomongin ttg validate mah master O-OM
    ada yg suruh berhenti dr IE, ada yg harus pake ini, pake ini...:D
    just one said...be your self with your power content...wekekekekekekekk
    salam blogger...ke india master banyak yg jago2...hohohoho

    BalasHapus
  24. ilmu baru lagidari oom, tapi om kan capek menginstal banyak2 browser..hehe..

    BalasHapus
  25. namabahin dikit biy..

    perhatikan juga pemakaian widget, biasanya widget banyak memakai external code. itu bisa mengakibatkan loading web terhenti sejenak, atau parahnya berhenti pada satu titik. tentunya itu akan mengecewakan visitor anda kan, apalagi kalau baru sampai header aja udah berhenti terus yang di baca apa donk?

    kalaupun seandainya terpaksa pakai widget tersebut, usahakan uji kelayakan speed loadingnya dan tempatkan di bagian2 setelah artikel, sehingga walaupun menunggu loading artikel tetap keluar. agree?

    @BEBEN .: tulung mas, jelaskan tentang "Power of Content" saya kok kurang ngeh ya.. hehehe

    BalasHapus
  26. Tidak Semudah membalik telapak tangan

    BalasHapus
  27. siap om..

    ini perkara usabilitas.. :)

    BalasHapus
  28. ini bagus, tapi semua memang relatif.
    nothing is exact :)

    BalasHapus
  29. numpang lewat...
    hmm saya kurang paham dengan pernyataan anda pada 'templet berbasis magazin' apakah itu blogazine maksudnya?

    Mungkin bagi kebanyakan blogger (yang gemar nulis) blogazine style bukanlah sebuah pilihan. Benar! karene untuk membuat 1 post dengan style blogaine bisa membutuhkan waktu 3x lipat lebih lama dari postingan biasa.

    Kemudian, dalam mendesain, keputusan kita mau mentoleransi browser usang apa tidak itu tergantung dari segmentasi yang ingin kita capai. misalnya, kita membuat photoblog, jelas tidak mungkin mengakomodasi untuk textbrowser macam lynk. Bahkan sekarang telah banyak desainer yang mulai malas membuat kode hack intuk IE6 (misalnya untuk png dsb) dan beranggapan bahwa memang seharusnya IE6 sudah diganti dengan IE9. (ref- http://ripie6.com/)

    Komentar bernada marah2 pada kommenbox? belum tentu itu adalah kesalahan pemilik blog (author post). Bisa jadi karena si pembaca (komentator) tidak memahami tulisan yang disajikan (atau bahkan tidak membacanya samasekali!).

    itu saja, kalau kebanyakan ntar dikira spam..
    - Terimakasih :)

    BalasHapus
  30. saya lebih suka yang simple, putih dan menawan. kayak templatenya o-om.com :p

    tapi benar kok enak dilihatnya. Tapi masalah menanyakan terlebih dahulu tentang template yang akan dipakai sebelum mengubahnya perlu dijadikan alternatif. Karena pengunjung adalah segalanya

    BalasHapus
  31. Aku lebih suka template,simpel,karna loadingnya cepat tanpa banyak edit:p

    BalasHapus
  32. setidaknya kita dapat manfaat darikomentar seseorang di temlate tsb

    BalasHapus
  33. @Denny:. Thanks sob tambahannya. Widget memang sangat mempengaruhi.

    Sebagai tambahan, perlu diperhatikan apakah ada script pup up atau apa saja yang berisi batu yang ditanamkan pada template ^_^

    @Ardianz: Magazine itu maksudnya bukan seperti blogazine. Agak susah dijelasinnya juga sih. Contonya bisa dilihat pada website seperti detik.com atau template buatannya kangrohman (*magazine R bersaudara). Biasanya dia berbasis dinamis dan fixed width yang dioptimalkan untuk publisher.

    Untuk blogazine kan memang gak ada template umumnya yang disebarkan secara gratis. Semuanya tergantung dari selera admin. Blog loe menerapkan blogazine ^-^.

    BalasHapus
  34. Sekarang sih emang harus sesuai, kalo misalnya tentang chord guitar saran saya jangan pake blog karena updatenya bakal gila-gilaan, mending bikin situs sendiri pake php coding.

    BalasHapus
  35. Ternyata harus teliti juga yaa dalam memilih template/theme.

    BalasHapus
  36. ada juga ya cara memilih template yg benar... kalau memilih template, saya sering memilih template cuma dari segi tampilan Om...hehehehehe

    BalasHapus
  37. @biyan
    Ah, saya masih kurang paham dengan script popup berisi batu.. apa musti diklik 2 kali baru ilang? seberapa gedhe popupnya? 800x600px? itu sih seukuran SVGA..

    Mungkin ada benarnya juga kalau templet yang dipake mencerminkan penggunanya..

    kalau buat blogger saran saya, minima memang bagus, tapi jangan memakainya! apalagi Simple! wakaka

    BalasHapus
  38. Langusng coba softwarenya cuy....

    BalasHapus
  39. @Biy .: kalo dari selera template kan tergantung dari orientasi si pengguna ya.. mau pasang popup segede gaban itu kalo menghasilkan.. ya sapa tau ;)) kembali lagi kan, awal kita ngeblog itu mau apa.. hidup untuk ngeblog atau ngeblog untuk hidup.. masih di indonesia, jadi ngeblog masih bebas :D tapi kalo yang punya mesin blognya kurang berkenan, ya jangan protes nek tiba2 blog kehapus.. *namanya juga gretongan*

    @ardian(z 3x) .: kalo dari segi design memang terkesan simple, tapi kembali lagi "seandainya saya ga bisa design gimana?" tapi harus selalu belajar ya, kan seorang blogger identik dengan kata "kreatif" atau setidak2nya "kereatif" kere-kere yang penting aktip.

    @o-om .: sorry ya om, malah jadi pada ngobrol di sini.. :P

    BalasHapus
  40. mengenai template memang suatu masalah bagi saya, seiring dengan banyaknya template baru yang semakin kreatif akhirnya sering gonta-ganti...

    sebaiknya template memang disesuaikan dengan kandungan dari suatu blog, kira-kira template blog saya sudah cocok belum om? :p

    BalasHapus
  41. thats right o-om info yang mantabs dan salam action

    BalasHapus
  42. Kalau saya pribadi berpendapat bahwa template yang harus pilih pastinya bagus untuk semuanya visitor maupun eye catching buat sendiri supaya sebagai blogger tambah percaya diri, nah buat teman-teman lihatin dong templateku bagus dan cocok nggak ya, buat tema Bisnis Fantastis? thanks o-om dan i-biyan.

    BalasHapus
  43. dapat ilmu baru lagi nie di sini...
    thanks om informasinya...

    BalasHapus
  44. Anonim12/4/10

    wah menarik ini om berhubung saya masih mau mencari desain template blog untuk blog yang baru :D

    BalasHapus
  45. tulisan yang sangat bagus untuk bahan saya membuat minisite dari amazon,...terima kasih om...

    BalasHapus
  46. wah info penting ini gan, thanks

    salam kenal


    sang pemula

    BalasHapus
  47. om, slam kenal dari anak balikpapan!!!!
    aku pesmerga, mau nanya nih!!!!
    hmmm.....

    1. om tau buat papan perbaikan di blog kah!!!!, kira-kira contohnya, jika kita masuk, nanti tampilan blog hanya menjelaskan blog ini sedang perbaikan (maintense), kira-kira begitu.

    2. menutup navbar kayak om gmana!!!!

    makasi, slam sukses
    http://pesmerga-yuber.blogspot.com/

    BalasHapus
  48. sip..template memang penting juga, karena template yang bagus bisa dilihat dari berbagai macam faktor, terutama yang disesuaikan dengan niche blog itu sendiri. Template juga bisa menarik pengunjung dan mempengaruhinya apakah baik atau buruk. So thank banget infonya karena template bisa berpengaruh ke berbagai macam faktor baik search engine dan juga pengunjung. Klo begini mudah2an kita bisa jadi lebih cermat dan tepat lagi memilih template yang bagus untuk niche blog.

    BalasHapus
  49. :) mang benar banget,, ada template yg tampilan tidak sempurna jika dibuka dengan browser yg berbeda ~x(

    BalasHapus
  50. bkikikiki... biar template lemot yang penting artikelnya g lemot...

    BalasHapus
  51. SIpp..! Sy jg penggemar template cantik, hanya kadang kala beberapa template gak familiar ma blogger,,. ada solusi gak mas!

    BalasHapus
  52. Memang om ini hal yang terpenting di dalam membikin template, ukuran kecil tapi menarik, tapi kebanyakan template yang huebat ukurannya gede-gede.btw, trim atas informasinya, satu lagi gw masih bingung bikin blog apakah blog gw ini nyambung tidak dengan tema, tolong dong masukannya buat gw, trims lagi

    http://blog-utamaku.blogspot.com

    BalasHapus
  53. selalu memperoleh hal baru disini. Ditempat master ini. Menarik banget mas, krn selama ini sy gak peduli soal itu, dan ini ada tips nya, Trims banget om..sangat-sangat bermanfaat bagi seorang pemulu seperti sy ini

    BalasHapus
  54. Ooh begitu toh sebaiknya. Saran2nya akan saya perhatikan oom o-om :)

    BalasHapus
  55. kira-2 template blog-ku bagus ga ya....???
    ow ya.. om, kok email- blog tutorial dr O-Om msknya selalu ke SPAM sich....???

    BalasHapus
  56. thanks!!

    brmanfaat bangt!

    BalasHapus
  57. waduh, saya kalo pake artisteer juga sering nyoba edit. tapi gatau seo friendly apa nggak.

    BalasHapus
  58. Benar Om, memang template menentukan isi dan tampilian website atw blog punya kita...

    BalasHapus
  59. kalau blog aku udah nyambung belum ya???, minta masukannya :D
    www.gbubu.com

    BalasHapus
  60. Kotakhatiku hadir disini! silahkan datang berkunjung, saya tunggu.

    BalasHapus
  61. Yang paling penting menurut saya adalah lightweight dan clean look design. Gak peduli bagusnya, kalo berat bagi pengunjung kan sama saja mengusir pengunjung. Lebih baik sederhana, berbekas di contentnya. Kita untung, pembaca juga untung ^^

    BalasHapus
  62. Langsung setuju dengan statement pertamanya, template-mu adalah identitasmu. Betul sekali! Ini juga yang saya sampaikan dalam salah satu bagian di buku pertama saya. *promosi mode on* ^_^

    BalasHapus
  63. gitu y OM.. klo q sknya yg simple tp enk d liat walaupun sedikit berat xixixi ^_^ btw ti2p lnk dsini y OM http://sixooninele.blogspot.com makasih sebelumnya

    BalasHapus
  64. aku asal pake template aja om

    BalasHapus
  65. kalau template saya tidak cocok utk semua browser, hancur-hancuran, pake firefox aja hancur apalgi mas IE tambah hancur deh

    BalasHapus
  66. Cukup menginspirasi...Thanks

    BalasHapus
  67. perlu diperhatikan juga soal pembagian kolomnya sesuaijman kebuutuhan

    misal blog pribadi sebaiknya gunakan 2 kolom karena tidak membutuhkan banyak widget

    kalau blog komersil jgn lupa sisakan kolom yg cukup lebar utk cukup banner

    kembali algi seperti mas bitan bilang
    sesuaikan kebutuhan

    BalasHapus
  68. analisis komentar ya? wah, bener. saya biasanya mencari komentar tentang feedback akan template itu, apakah ada yang eror atau bagaimana. hehe... trims artikelnya o-om.

    BalasHapus
  69. Kalo punyaku gimana ya oom..?semoga gak jelek2 amat.Biasanya aku kalo milih template sesuai selera pribadi aja.Artikel ini jadi bahan renungan

    BalasHapus
  70. thx atas infonya,kunjung balik blogku di:
    http://mustofa-symbian.blogspot.com

    BalasHapus
  71. Trus gmn kita tau template yang hendak kita pakai itu seo friendly ato engga? coz setiap pembuat template pasti ngklaim bahwa template buatannya seo friendly....

    BalasHapus
  72. Anonim17/4/10

    o-om punya template seo yang udah jadi ngak


    thx

    BalasHapus
  73. Yang penting sesuai dengan topik blog dan SEO Friendly mas

    BalasHapus
  74. Makasih o-om udah ngasih tips buat memilih template, waktu dulu pas download template main hajar aja.. hehehe
    aku pakai template o-om, tapi udah banyak di utak atik.. ga' pa2 kan om.. hehehe

    BalasHapus
  75. Anonim18/4/10

    :D promosi template http://www.zoomtemplate.com/2010/04/black-n-white.html

    BalasHapus
  76. wah makasih info dan tispnya

    BalasHapus
  77. thks infonya mas, bagi pemula spt saya emang mmilih template asal kelihatan bagus aja, shg faktor lainnya terlupakan:)

    BalasHapus
  78. saya sangat setuju dengan mas haqie.

    BalasHapus
  79. trims om.. kalau saya sering gak mecing antara templet esama tema blog.. asal kelihatan cantik langsung pake...

    BalasHapus
  80. hmmm betul jg...setuju :D

    BalasHapus
  81. Saya udah lama nyari-nyari template minimalis kayak di googleblog.blogspot.com ... cuman kok nggak ketemu ya? padahal klo menurut saya templatenya emang simple tapi keren.. ada yang mau buatkan? hhe

    BalasHapus
  82. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  83. Salam Kenal kang Tutorialnya mantap .....

    http://trikblogku.blogspot.com

    BalasHapus
  84. gw selama ini tidak pernah perhatikan semua itu :). thx infonya.

    BalasHapus
  85. Permas19/4/10

    Thanks banget infonya Om, download template yg enggak ada hole oleh pembuat template di situs apa sii.. tolong ya...

    BalasHapus
  86. pengen pake theme yang ringan, tapi eyecatching n g ngebosenin...ada saran g pak?

    BalasHapus
  87. seadnainya kita suka coba-coba dan ganti-ganti gimana pak?

    BalasHapus
  88. suati kebanggaan bisa mengenal blog mas....the best blog ini memeng sangat hebat dan tentunya inspiratif...sukses untuk anda....

    BalasHapus
  89. om blog ane kok lucu. nambah gadget. posting. berhasil tapi gak tampil di blog.mungkin salah template x ane pake magazine
    kadang pula tampilan blog jadi kecil ancur...solusinya dong om

    BalasHapus
  90. Wulan apriliani23/4/10

    Om template o-om keren minta donk om...

    BalasHapus
  91. kalau aku sih mending sederhana, tapi bagus dan gak lemot loadingnya ...he

    BalasHapus
  92. Blogwalking dan belajar, terima kasih mas informasinya sangat bermanfaat, masih perlu banyak belajar dari kang o'om... dikunjungi ya mas di kasih saran-saran maklum masih belajar ngeblog. matur nuwun....

    BalasHapus
  93. maaf klo diem-diem linknya udah dipasang diblogku .. hehehehe ...

    BalasHapus
  94. thanx ya bro gw jadi kek artis dimintain tolong ganti tamplates hehehehehe :))

    BalasHapus
  95. jadi bagaimana dengan template aku? lihat di www.word-sqword.blogspot.com
    salam kenal senang bisa berkomentar di website mu

    BalasHapus
  96. thx yah om info'a...............

    BalasHapus
  97. Saya jadi penasaran bagaimana cara membuat template blogspot.

    BalasHapus
  98. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  99. blog ( http://pay-out-ptc.blogspot.com ) saya sesuai ga' ya dengan isinya??? mohon koreksinya

    BalasHapus
  100. hiiii betul juga yaa terkadang krn warnanya bagus asal upload aj pdhl sizenya g mendukung

    BalasHapus
  101. nah dari segi seo itu yang gampang2 susah ~x(

    BalasHapus
  102. asal pake template aja aku mah 8-}

    BalasHapus
  103. wah saya dah cocok dengan template ini...

    BalasHapus
  104. templae saya gimana neh ????? pusing jua milih template http://jogjaface.com/

    BalasHapus
  105. Sekitar sebulan lalu aku ganti template,eh ketika sign in, ia buka pakai IE, padahal aku sukanya pakai Firefox, kasih sarannya om, soalnya ketika aku periksa pakai Website Value, eh nilainya turun sampai $20USD, dan yang aku lihat itu history nya jadi di mulai dari nol.Thema yg ramah dgn banyak browser apa ya om, dan free gitu lho.Trims.

    BalasHapus
  106. saya pernah membuka sebuah blog...??
    kira 10-25 detik blog itu terbuka...

    nahh pertanyaannya, apa sih tipsnya supaya blog kita lancar saat dibuka...?? apa kebanyakan gadgets yg kita pasang juga berpengaruhh...??

    mohon balasannya. thx.
    ditungu kunjungannya ya mas, http://tipsbarudipercaya.blogspot.com/

    BalasHapus
  107. beruntung banget bisa nemuin artikel ini ,apalagi buat pemula kayak saya ,thanks banget jadi semangat belajarnya nih

    BalasHapus
  108. maaf om aku liat hasil extract filenya 69kb...kayaknya masih berat ya oms,,soalnya saya baca tutorial om tentang memilih template yang benarusahain jangan di atas 50kb.

    bisa di perkecil lagi gak om?
    thank

    BalasHapus
  109. emank berat ideal blog itu berapa seeh oM ? Vista 84 masih bingung neeh ? :))

    BalasHapus
  110. :D template sih gak penting, yang penting isinya.. simple, smart..

    BalasHapus
  111. wah makasih banyak nih infonya
    buat newbie ini dia yang perlu diperhatikan

    BalasHapus
  112. Newbie masih belajar. jadi sering sering kesini adaaaa aja yang baru.
    makasih om. nice tips

    BalasHapus
  113. bagus bagus . . . buat ilmu sungguh betguna ;)

    BalasHapus
  114. ok, mas... saya ketawa sambil membaca kontennya, kok bisanya di upload lalu download pake batu...

    trims atas infonya
    nb: aku rajin loh berkomentar disini (sekedar info) yach, walau blog saya page rankx diatas jutaaan yang pentingkan bisa punya blog dan belajar.

    BalasHapus
  115. iya ya, selama ini tidak terpikirkan oleh saya. terima kasih atas pencerahannya, Om. :)

    BalasHapus
  116. Tengkiyu tebel ya Pak Boz, Info ini manfaat bgt buat aku yg baru lahir d alam online ini.

    BalasHapus
  117. makasih om untuk info na ;)...insya allah pertamax yak :)...ane binun mau milih template apa ~x( ....coz ane newbie om =))...o iya...link ente dah ane tanem permanen di blog ane...salam blogger om

    BalasHapus
  118. memilih template blog memang sangat penting , tapi sebenarnya blog yang baik khususnya yang menghasilkan uang adalah blog yang clean maksudnya tidak membuat mata perih , mengantuk dan bosan , hi hi .... . kebanyakan para blogger memasang banyak java script sehingga membuat loading lola .
    maaf ya om aq mau promosi , bolehkan ...
    hai teman2 internet kunjungi website saya http://dijaminpintar.totalh.com
    kursus internet sacara online yang dijamin pintar internet khususnya pemula , dan gilanya lagi
    cara pembayaran member menggunakan transfer pulsa , dan biayanya sangat terjangkau cuma 25rb saja .
    Thanks

    BalasHapus
  119. Wah keren banget tips nya sob. Mau numpang nanya nih, template apa yang cocok buat blog saya? Temanya tentang ekowisata dan lingkungan hidup, maunya sih saya pake template 2 kolom, flexibel width, header bergambar flash/sliding image, multiple drop down navigation menu, main back ground hijau atau biru muda, post body back ground putih, seo friendly dan adsense ready. Ada saran gak boss?

    BalasHapus
  120. Memang agak susah mencari template yg cocok buat kebutuhan, bisa ada yg kasih saran/ide untuk template blog saya ? Thanks

    BalasHapus
  121. saya senang kalau berkunjung ke blog ini karena templatenya simple tpi padat berisi.

    apakah boleh saya minta code templatenya.


    thx b4

    BalasHapus
  122. Om, blog saya sering redirect atau jump ke situs lain secara otomatis, kenapa ya?

    BalasHapus
  123. kalo blog music cocoknya pake template apa ya oM, ada saran nggak ?

    BalasHapus
  124. kalo tidak salah template XML saya hampir 50-an kb.

    BalasHapus
  125. wow om , saya dalam 1 jam membaca banyak articlenya. tolong dong dilihat blog saya . apa ada yang salah ato gk (newbie) .
    http://allautomotivewallpaper.blogspot.com/

    BalasHapus
  126. nurut Aq, memang bener sih. Template adalah identitas bagi QT. ditambah lagi kecepatan akses sangatlah dibutuhkan. sebagai pemula Aq sangat suka dengan template punya Anda, selain bersih, fresh dilihatnya, juga cepat aksesnya... Tolong sudilah memberi saran donk Om buat buat Aq terutama Blog punyaku, biar matching antara judul, isi dan templatenya, sekalian tehnik2 yang baik sebagai pemula dalam blog maupun web....

    BalasHapus
  127. om, cara kerja tools yang bisa anda gunakan untuk menganalisa disain SEO friendly suatu template. yg Namanya Raven itu gmn ya? saya ngga bisa.

    mohon bantuan

    trims

    BalasHapus
  128. pinting banget uh om pilih template yan bgus pa lgi pilih MOBIL KELUARGA IDEAL TERBAIK INDONESIA :)

    BalasHapus
  129. Tolong om kunjungi blogku ini, dan saya minta saran untuk teamplate blog saya
    http://blogger-utilities.blogspot.com

    BalasHapus
  130. info mantab nih buat theme hunter :)

    BalasHapus
  131. Thanks for providing valuable information on the topic. Keep posting

    BalasHapus
  132. Blogku bertemplate unik.
    Para pengunjung pun kadang merasa senang karena dirasa rapi dan enak dipandang mata.
    Yang terpenting adalah simpel dan tidak berlebihan.

    BalasHapus
  133. wah bnr jg oom, pmilihan template gak blh sembarangan karena itu adalah ciri khas dan identitas blog. thx oom ...

    BalasHapus
  134. Apakah cara ini tetap sama jika menggunakan wordpress self hosting ?

    BalasHapus
  135. saranya boleh juga mari lanjutkan ke tkp...........

    BalasHapus
  136. saranya bagus juga mari ke tkp langsung

    BalasHapus
  137. blogku rapih ga oom..

    BalasHapus
  138. bener o-om template memang paling utama dari sebuah situs

    BalasHapus
  139. keren o-om tutorialnya, thx ya ...

    BalasHapus
  140. Kamsya,,kamsya,,,,

    BalasHapus
  141. Mantep OM, terimakasih..

    BalasHapus
  142. OWW jadi begitu ya O-om...

    saya buat template sendirinih o-om di blog saya... tolong sarannya o-om!!!

    Dikunjungi ya http://erkiovz.blogspot.com

    BalasHapus
  143. kalo size thmepltnya 52 kb gmn, tuh kan lebih dari 50kb

    BalasHapus
  144. saya sampai sekarang masih bingung dalam memilih template blog saya,.... artikel ini telah memberikan gambaran bagaimana cara memilih template dengan benar.... thx

    BalasHapus
  145. templatenya yang mas oom bagus semua,asyik

    BalasHapus
  146. Trus gmn kita tau template yang hendak kita pakai itu seo friendly ato engga? pasti setiap pembuat template pasti ngklaim bahwa template buatannya seo friendly....

    yaa gk yaa gk ?? :) :) :) :D
    CHEAT GAME ONLINE
    CHEAT MEGAXUS TERBARU
    CHEAT GEMSCOOL TERBARU
    CHEAT LYTO GAME TERBARU
    CHEAT FREE STYLE TERBARU
    CHEAT AYODANCE TERBARU
    CHEAT CROSS FIRE TERBARU
    CHEAT NINJA SAGA TERBARU
    CHEAT SEGALA GAME ONLINE
    CHEAT POINT BLANK TERBARU
    CHEAT SEMUA GAME FACEBOOK

    BalasHapus
  147. bener om o-om, template memang paling utama dari sebuah situs. cma syank sy msh oon dengan struktur sebuah template

    BalasHapus
  148. Jadi bertambah informasi saya mengenai pentingnya menyelaraskan template blog kita dengan apa yang mau kita informasikan di blog yang kita miliki. Biar terkesan lebih padu. Makasih informasinya.

    BalasHapus
  149. manta mas...
    kalo sama master nya pasti benar lah
    mana mungkin ahlinya salah

    BalasHapus
  150. betul, mas. template merupakan sesuatu yang pertama dilihat oleh visitor. Buat template yang enak dilihat, kayak templatenya om. dengan template bagus dimungkinkan pengunjung akan terus kembali mengunjungi blog tersebut.

    BalasHapus
  151. sep..............skarang jd sadar ni pak...wkwkwkwkwkw

    mantap tips nya...

    aku sering berkunjung di blog ne lho...

    sukses dah...


    buat tman yg berkomentar BERTAMASYA ke blogku ya http://bram-trick.blogspot.com

    BalasHapus
  152. Saya suka blog ini,banyak info dan tips bermanfaat.Trims ya..

    BalasHapus
  153. Saya pake templatenya O-Om nie... hehe... :)

    BalasHapus
  154. terima kasih infonya om..
    sangat membantu saya..

    BalasHapus
  155. Dulu saya selalu sering berganti-ganti template karena mudah bosan, tapi sekarang saya berusaha membaut template karya sendiri dan alhamdulillah menurut saya pribadi sudah benar ga tau sama yang lain hehe.
    tp terima kasih Om tipsnya bisa di jadiin bahan intropeksi dan perbaikan.
    Salam

    BalasHapus
  156. Moga-moga template ku sudah benar :)

    BalasHapus
  157. Saya suka blog ini,banyak info dan tips bermanfaat.Trims ya..
    katanya kecepatan blog sekarang jadi nomer 1 ya di searchengine. O om memang mantap

    BalasHapus
  158. wow..tips yg oce...sy sndiri suka gonta ganti template krn slalu gak srek,adaa aja mslah yg timbul hehhe...mdh2an kali ni ga ganti2 lagi..
    salam kenal :D

    BalasHapus
  159. Thanks Gan tutornya.... moga ane bisa pilih theme yg tepat buat blog ane

    BalasHapus
  160. Menarik sekali Oom.. jadi pengen ngubahtenplate nih saya,..hehehe :)

    BalasHapus
  161. wah baru tau ane klo template harus sesuai dg isi blog... maklum gan ane newbie

    BalasHapus
  162. Dulu saya selalu sering berganti-ganti template karena mudah bosan

    BalasHapus
  163. terima kasih infonya om..

    BalasHapus
  164. Memang agak susah mencari template yg cocok sama niche

    BalasHapus
  165. skg saya lagi demen banget yg namany thesis template?? gimana dgn anda semua..

    BalasHapus
  166. skg lgi doyan template thesis :D

    BalasHapus
  167. keren master...informasi ini bermanfaat kebetulan blog saya juga theme nya gk nyambung

    BalasHapus
  168. Tentang template saya tidak paham benar, asal posting aja dan coba coba. ternyata disini ilmu dan seninya nge blog. info yang bagus bos...

    BalasHapus
  169. om,, kalo blog kaya ane ini gimana ya?? saya bingung nentuin template

    BalasHapus
  170. seepp.. memang hrus seperti itu!!

    BalasHapus
  171. yang bner2 pas itu jarang om??

    BalasHapus
  172. infonya lebih lengkap dari punya saya, jadi malu ni menshare posting yang sama dengan masternya
    nice share

    BalasHapus
  173. wao mantap nie ilmunya mas o-om saya jadi paham sekarang

    BalasHapus
  174. Template juga bisa menarik pengunjung dan mempengaruhinya apakah baik atau buruk. lightweight dan clean look design adalah sangat penting untuk kenyamanan pengunjung. Ukuran merupakan salah satu factor yang harus dipertimbangkan.

    BalasHapus


 

Back to Top