PLEASE DISABLE YOUR ADBLOCK OR DNS BLOCKED FOR SUPPORT THIS SITE!

Blog Inspirasi Digital

Blog Inspirasi Digital

Tutorial Mikrotik, Hotspot, Blog, SEO, WEB 2.0, HTML, CSS, Javascript dan Inspirasi Digital

Setting Custom Domain di Blogger (Blogspot)

"Custom Domain merupakan nama domain pilihan yang bisa digunakan sebagai alternative menggantikan nama blog kita diblogger (blogspot). Kita bisa menggantikan alamat namablog.blogspot.com dengan namablog.com atau .net, .info, .org, .web.id, atau dengan nama domain lainnya"

Pada artikel kali ini akan saya jelaskan cara konfigurasi untuk custom domain di blogger (blogspot). Sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya  membaca dahulu artikel sebelumnya tentang custom domain:


Tanya-Jawab sebelum Custom Domain di Blogger (Blogspot)

Keuntungan dan Kerugian Custom Domain di Blogger (Blogspot)


Sudah membaca? ok kita lanjutkan. Bahasan yang saya sampaikan nantinnya hanya pada setting custom domain di blogger, setting nama server pada domain manage dan setting pada DNS (Domain Name System) pada layanan gratis saja, kenapa yang gratis om? kenapa harus bayar biaya tambahan kalo gratis saja bisa dan siapa sih yang gak mau gratis :), tentu saja saya mengupayakan dan mengajarkan cara yang simple, tanpa keluar biaya tambahan sedikitpun. 



Jika sudah membeli dan memiliki nama domain sendiri sekarang saatnya kita melakukan konfigurasi. Ada 3 hal utama yang harus kita perhatikan seperti yang sudah saya sebutkan diatas, yang  pertama yaitu mendafar ke layanan DNS gratis, saya sarankan sebaiknya kita memilih dan menggunakan layanan DNS gratis dibawah ini, jangan khawatir semua alamat dibawah langsung direkomendasikan oleh blogger.


 

Baca selengkapnya http://help.blogger.com/bin/answer.py?answer=58317


Pada pilihan diatas saya sarankan menggunakakan DNS Park, saya sendiri menggunakan DNS Park sebagai server, karena saya lihat DNS Park mempunyai fitur yang cukup lengkap).


3 langkah mudah melakukan Custom Domain:


Pertama, mendaftar pada layanan DNS gratis, atau pilih saja layanan DNS Park (rekomendasi dari saya):


1. Klik link ini untuk daftar https://www.dnspark.net/register/

2. Isikan identitas kita pada formulir yang disediakan..

3. Jika sudah tinggal lakukan proses login.

4. Kemudian pada Configuration Menu -> pilih DNS Hosting -> Add Domains

5. Pilih yang no 2 yaitu Enter a domain:

6. Kemudian pada Enter new domain: masukan nama domain kita tanpa www ( contoh: o-om.com.com)



7. Jika sudah lalu tekan tombol "Add now" sampai disini nama domain kita telah disimpan.

8. Kemudian pada Domain List -> pilih nama domain yang baru kamu masukan.



9. Lalu klik Alias Records



10. Kemudian tuju ke tulisan Add new alias records for (contoh: o-om.com) masukan www pada Host Name dan ghs.google.com pada Destination Name



11. Jika sudah klik tombol Add Alias


Contoh tampilan output dari nama alias:



 12. Sampai disini konfigurasi untuk DNS sudah selesai.


Bagaimana jika sudah punya hosting sendiri?


Jika kamu dah punya hosting sendiri caranyapun hampir sama yaitu tinggal arahkan saja Cname (Canonical Name) Record dengan menambahkan www sebagai nama host/alias dan memasukan value/destination yang tertuju ke ghs.google.com, nama alias yang digunakan tidak mesti "www" kamu bisa menggunakan kata "blog", "agus", "cinta" atau apapun terserah, contoh: www.namadomain.com, blog.namadomain.com atau agus.namadomain.com. (jika kamu punya 3 blog atau lebih cukup tambahkan saja Cname record-nya)

Host Name/Alias

Value/Destination

www

ghs.google.com

Catatan: Control Panel pada hosting mungkin berbeda-beda disini yang membuat saya susah menjelaskannya secara mendetail.



Kedua, Setting pada Domain Manage:


Setelah kita melakukan setting pada DNS server sekarang yang dilakukan yaitu melakukan setting pada Domain Manage,  yang harus diingat setting pada domain manage biasanya berbeda tergantung layanan domain service dimana kita melakukan registrasi, namun rata-rata pada domain manage mempunyai setting untuk mengarahkan nama domain ke server tujuan yang akan digunakan.


Karena saya menjelaskan menggunakan layanan DNS Park maka nama server tujuan untuk domain yang akan digukanan adalah sebagai berikut: 


ns5.dnspark.net

ns3.dnspark.net

ns2.dnspark.net

ns1.dnspark.net

ns4.dnspark.net



Dibawah ini contoh input pada Domain manage milik saya o-om.com:




Ketiga, Setting pada Blogger


Pilih tab Pengaturan -> Publikasikan -> arahkan pada "Domain Anda" kemudian masukan nama domain. contoh : www.o-om.com atau blog.o-om.com

Contoh setting pada blogger:



Pada tahapan ini semua proses telah selesai...dan selamat sudah punya nama domain sendiri :)


Informasi :


Setelah semua proses diatas kita tidak bisa langsung mengakses nama domain, waktu yang perlukan mungkin agak lama bisa sampai 1x24 jam bahkan pada beberapa informasi ada yang sampai 48 jam. sering-sering saja melakukan ping atau melakukan pengecekan berkala dengan mengetikan manual pada web browser atau bisa mengunakan tools WinMTR jika diperlukan.



 

Revisi:


Memperbaiki tulisan sebelumnya ternyata ada banyak perubahan setting pada input layanan DnsPark. Tentu perubahan ini terlihat sangat berbeda dengan yang pernah saya jelaskan. Jika pada menu lama terdapat Alias Record sekarang sudah tidak ditampilkan lagi. Sebagai gantinya Pihak DNSPark mengganti menu yang lebih simple dan tidak berbelit-belit seperti dulu.


Kenapa ada pesan Dormant?


This domain is currently dormant. Please contact your registrar and have the domain properly delegated to the nameservers listed for the domain domainkamu.com and ensure the services will not be suspended. All free services will remain dormant until the nameservers at your registrar recognize DNS Park as authoritative for the zone.


Jika kamu menemukan pesan diatas berarti kamu diminta untuk segera mengubah arah DNS server pada DOMAIN milikmu dengan alamat Dibawah ini


ns5.dnspark.net

ns3.dnspark.net

ns2.dnspark.net

ns1.dnspark.net

ns4.dnspark.net


Lalu bagaimana Setting Nama Alias pada menu baru?


Untuk memasukan nama alias kita tinggal menuju ke Add Record [help?]

Contoh proses input bisa dilihat dibawah ini (jangan lupa mengganti A pada type dengan CNAME)



Alias name -> masukan dengan www

TTL -> biarkan dengan 7200

Type -> CNAME

Destination Name -> ghs.google.com


Jika ada pertanyaan silahkan masukan pada kolom komentar, terima kasih

BERI KOMENTAR

Maaf untuk sementara waktu komentar di blog ini di nonaftifkan.

 

Back to Top