Blog Inspirasi Digital

Blog Inspirasi Digital

Tutorial Mikrotik, Hotspot, Blog, SEO, WEB 2.0, HTML, CSS, Javascript dan Inspirasi Digital

Cara transfer blog ke account berbeda (Blogger)

"Bagaimana memindahkan sebuah blog dari satu user ke user lainnya dengan login yg berbeda. Karena saya punya beberapa blog yang dibuat dengan dua username yang berbeda. Sekarang saya ingin menyatukannya menjadi satu username sehingga memudahkan dalam maintenancenya" (Penggalan pertanyaan dari rekan nurpatria herryanto di email oom)

Punya Account Blogger yang berbeda tentu saja susah untuk melakukan manage, kadang hanya untuk memposting blog dengan account lainnya kita harus melakukan logoff terlebih dahulu (kecuali kita login menggunakan web browser berbeda juga), tidak seperti wordpress, blogger tidak mempunyai fasilitas untuk melakukan transfer blog ke account berbeda, sangat disayangkan memang, masa sekelas blogger tidak ada fasilitas ini. Trus gak mungkin dong melakukan transfer blog di blogger? siapa bilang..tentu saja bisa, dengan adanya fasilitas mengundang penulis lain di blogger, ini yang akan kita manfaatkan sebagai transfer antar blog dengan account berbeda.


Cara melakukan Transfer blog dengan account berbeda:


Contoh : Andai kata kita mempuanyai 2 account berbeda sebut saja Account-A dan Account-B, rencana kita ingin melakukan transfer salah satu blog di Account-A ke Account-B, hal yang harus diperhatikan bahwa Account yang memberi kuasa (Account yang mengundang/Account-A) adalah account yang blog-nya  akan ditransfer, dengan kata lain Account-B inilah yang akan menerima kuasa penuh terhadap blog di Account-A.


1. Login ke account yang akan di transfer (contoh Acount-A)

2. Kemudian pada "Panel Kontrol" pilih salah satu blog dengan melakukan klik link "Pengaturan"

3. Pada tab pengaturan pilih sub tab "ijin"

4. Klik Tombol "Menambah Penulis"

5. Masukan Alamat Account Gmail anda yang lain (Account -B), dalam hal ini account gmail yang kita undang merupakan account yang akan menerima transfer blog.

6. Jika sudah, kita harus login ke alamat gmail yang di undang (Account-B) dan akan menerima sebuah suran pengundanga untuk bergabung di Account-A.

7. Pada email yang kita terima disitu terdapat link, klik link tersebut bahwa kita setuju untuk berkontribusi ke blog pengundang, jangan lupa masukan kata sandi sebagai tanda persetujuan.

8. Pada halaman "Panel Kontrol" sudah terlihat ada blog baru yang berasal dari account-A

9. Selanjutnya kembali lagi ke Account-A atau kembali ke proses no 1,2 dan 3

10.  Pada halaman ini terlihat Account-B yang telah di undang, jangan lupa mengklik link "Berikan hak istimewa setingkat admin" dan menekan tombol "Berikan hak istimewa setingkat admin" pada popup yang muncul.

11. Jika kita tidak ingin menggunakan Account-A dan hanya memberikan hak admin pada Account-B kita dapat menghapus hak akses Account-A dengan mengklik  link "memindahkan".

12 Selesai..dan selamat kita sudah melakukan transfer blog dari Acount-A ke Acount-B, untuk transfer blog yang lain caranya sama dengan proses diatas.

 

Catatan : jika masih ragu bisa tanyakan saya dulu di kolom komentar agar bisa kita diskusikan bersama. thanks

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak dan sesuai dengan topik artikel :)
 

Back to Top