PLEASE DISABLE YOUR ADBLOCK OR DNS BLOCKED FOR SUPPORT THIS SITE!

Blog Inspirasi Digital

Blog Inspirasi Digital

Tutorial Mikrotik, Hotspot, Blog, SEO, WEB 2.0, HTML, CSS, Javascript dan Inspirasi Digital

Setting FTP External di blogspot

Saya sering ditanyakan mengenai cara setting FTP External di blogspot, walaupun sudah dijelaskan pada help blogger namun mungkin penjelasan tersebut masih membingungkan anda, sebelum kita melakukan setting FTP external ada baiknya anda membaca pertanyaan umum seputar FTP disini. OK sampai disini saya rasa anda sudah mengerti apa itu FTP external, jika anda masih bingung FTP external adalah cara lain dari custom domain dimana file anda tidak di host di blogger (blogspot) melainkan anda bener-benar menyimpan file post anda di server milik anda sendiri.  Apa saja syarat utama menerbitkan FTP external? Anda harus memiliki Domain dan Hosting sendiri dan pastikan anda menggunakan Template Classic (Ftp external blogspot tidak support untuk new blogger) bagi yang belum memiliki hosting sendiri saya sarankan anda menggunakan hosting murah di Rumahweb.com atau di namadomain.com


Setting untuk menerbitkan sebuah FTP external


Kunjungi Pengaturan | Publikasi dan pilih metode koneksi. Lalu, masukkan pengaturan Anda. Setelah Anda selesai, simpan rincian server Anda lewat tombol Simpan Pengaturan di bagian bawah, dan publikasikan ulang blog Anda. Harap ingat bahwa nomor port default akan digunakan (:21 untuk FTP dan :22 untuk SFTP); penetapan port alternatif tidak akan bekerja. Jangan menyertakan http:// atau ftp:// di dalam alamat server atau pengaturan lintasan. selengkapnya lihat mengaturan dibawah ini :


1. Pertama pada Pengaturan pilih Publikasikan




2. Pilih FTP (penerbitan di server ISP anda)




3. Menerbitkan melalui FTP



a. Server FTP : Masukan namadomain tanpa http://  (contoh : namadomainkamu.com)




Penting :

Server FTP adalah sebuah komputer yang menggunakan FTP untuk menerima file yang di-upload oleh pengguna. Alamat server FTP Anda biasanya terlihat seperti berikut: ftp.example.com

Ketika Anda membeli layanan hosting, Anda harus memiliki alamat server FTP untuk digunakan. Apabila Anda tidak memiliki informasi ini atau Anda ragu tentangnya, hubungi penyedia hosting Anda.

Catatan:

* Nomor port deafult akan digunakan (:21 untuk FTP dan :22 untuk SFTP). Menetapkan port alternatif tidak akan bekerja.
* Dan jangan menyertakan http:// atau ftp:// di dalam alamat server.



b. URL Blog : Masukan nama URL domain utama, harus menggunakan http:// (misalkan http://namadomainkamu.com atau http://namadomainkamu.com/blog)




Catatan:
Pastikan alamat domain sesuai dengan lokasi path FTP, misalkan anda mempublikasikan di public_html/blog/ berarti anda mengarahkan domain anda ke http://namadomainkamu.com/blog



c. Path FTP: Public_html/ atau Public_html/blog/




Penting :

Lintasan FTP memberitahu Blogger di mana file blog Anda ditempatkan di dalam server. Lintasan FTP harus berformat seperti di bawah ini: directory/directory/ (pastikan menyertakan garis miring di belakang)

Apabila Anda sudah mengenal FTP, lintasan Anda adalah direktori web Anda yang dapat diakses. Misalnya, ini mungkin berupa 'htdocs' atau 'www' atau 'public_html,' atau, apabila Anda ingin menempatkan blog Anda pada sebuah subdirektori, 'htdocs/blog/' dst.

Apabila semua penjelasan ini terkesan rumit, coba hubungi penyedia hosting untuk bantuan. Mereka dapat memberitahu Anda bagaimana menyiapkan server khusus.

Catatan:

* JANGAN gunakan http://, ftp:// atau alamat server pada lintasan.
* Direktori yang Anda tentukan harus sudah ada di dalam Server FTP Anda.
* Direktori tidak boleh berupa lintasan absolut - direktori harus relatif terhadap lokasi akar ftp di server.



d. Nama File Blog : index.html




Catatan: seperti informasi pada gambar jika diserver anda sudah ada index.html maka secara ototmasis file tersebut akan ditimpa..saran saya sebaiknya anda mencoba Ftp external pada subdirectory  sebelum bener2 mencoba pada directory utama.

 

e. Nama file feed: atom.xml



Catatan: seperti informasi pada gambar jika diserver anda sudah ada atom.xml maka secara ototmasis file tersebut akan ditimpa..baca catatan sebelumnya di (d. Nama File Blog)


f. Username dan FTP


Catatan : Masukan username dan Password FTP sesuaikan dengan di alamat hosting, bukan username dan password di blogger


g. Jangan lupa di Simpan, selamat mencoba


Pertanyaan Yang mungkin di tanyakan:

Apakah perbedaan antara publikasi ulang indeks dan publikasi ulang seluruh blog?

Apabila Anda memiliki blog FTP, Anda masih harus mempublikasikan kembali blog Anda secara berurutan untuk mencerminkan pembaruan Anda. Publikasikan Ulang Indeks Saja artinya hanya halaman indeks (dan feed situs, apabila diaktifkan) yang akan dipublikasikan ulang.

Publikasikan Ulang Seluruh Blog akan mempublikasikan seluruh blog - halaman indeks, feed, arsip & halaman posting. Ini akan memberlakukan perubahan template terbaru Anda ke semua halaman blog Anda. Ini akan berlangsung beberapa saat apabila Anda telah memiliki banyak posting.



Penulis : Agus ramadhani (o-om.com)

BERI KOMENTAR

Maaf untuk sementara waktu komentar di blog ini di nonaftifkan.

 

Back to Top