Blog Inspirasi Digital

Blog Inspirasi Digital

Tutorial Mikrotik, Hotspot, Blog, SEO, WEB 2.0, HTML, CSS, Javascript dan Inspirasi Digital

Cara Install 2 RouterOS Beda Versi Dalam Satu Perangkat Mikrotik

Ok langsung saja, kebanyakan selama ini tutorial yang saya baca Fitur Partition di mikrotik ini lebih difungsikan untuk backup 2 router dengan versi ROS yang sama, tapi saya pribadi lebih senang difungsikan menjadi 2 ROS versi yang berbeda, jadi saya bebas bereksperimen dengan berganti2 versi ROS semau saya tanpa mengganggu versi dan setingan yang satunya, selain itu sepertinya saya juga akan mencoba memfungsikan satu partisi lagi untuk install OpenWrt, entah bisa berhasil apa enggak di dalam multi partisi (belum dicoba)

Namun yang harus diperhatikan yaitu ukuran minimal partisi contohnya 32 MB untuk MIPS series, 40MB untuk PowerPC dan 48MB untuk CCR

Bahan Praktek:
1. Buat partisi yang baru, untuk tutorial bisa baca disini mikrotik.co.id
2. Netinstall, karena nanti kita membuat 2 versi ROS sebaiknya kedua partisi di netinstall keduanya, cara netinstall silahkan dipelajari sendiri sudah banyak yang bahas.

WARNING! ingat jangan dicoba di router utama, saya lebih menyarakan untuk uji coba di router yang memang khusus uji coba aja, karena kesalahan konfigurasi bisa aja sistem rusak atau gagal booting, parahnya lagi semua setingan dan voucher hilang :)



BERI KOMENTAR

Maaf untuk sementara waktu komentar di blog ini di nonaftifkan.

 

Back to Top