Blog Inspirasi Digital

Blog Inspirasi Digital

Tutorial Mikrotik, Hotspot, Blog, SEO, WEB 2.0, HTML, CSS, Javascript dan Inspirasi Digital

Setting Cname Record pada EveryDNS (Blogger Custom Domain)

Melihat respon pembaca yang begitu antusias mengenai Custom Domain di blogger membuat saya ingin mengulas lebih lanjut tentang pilihan DNS gratis lainnya, pada tulisan terdahulu sudah saya jelasin secara rinci mengenai konfigurasi DNS pada layanan DNSPark.net  (baca disini) kali ini pilihan DNS gratis jatuh pada layanan EveryDNS.net, pilihan ini mengingat banyak rekan yang mengeluh rumitnya proses setting dan pendaftaran pada DNSPark.


Pada kenyataanya memang konfigurasi pada EveryDNS terlihat lebih mudah dan tidak berbelit-belit dari pada DNSPark namun tetap saja menurut saya fitur Everydns tidak selengkap layanan DNSpark. Dibalik kekurangan everyDNS tentu saja ada kelebihan, Yang jelas untuk rekan yang mau Custom Domain di blogger dengan cepat dan mudah EveryDNS merupakan pilihan yang tepat.

Custom Domain di blogger tentu saja tidak luput dari bahasan seputar konfigurasi Cname Record, CNAME (Canonical Name) adalah domain name alias, yaitu salah satu syntax yang dipergunakan dalam DNS untuk mengarahkan Domain ke alamat tertentu. Untuk memudahkan setting Cname pada EveryDNS ikuti saja tutorialnya di bawah ini:


Cara Daftar Domain dan Setting Cname Record:


1. Lakukan pendaftaran terlebih dahulu http://www.everydns.net

2. Pada kolom Signup, masukan data yang diminta berupa user name, alamat email dan password.



3. Jika sudah terdaftar kemudian lakukan proses Login.

4. Kemudian tuju ke kolom Add new domain: (basic)

5. Masukan alamat domain kamu (contoh: domainkamu.com) kemudian klik button >> (basic)



6. Jika tidak ada kesalahan, maka pada kolom Primary Domains: akan tampak nama domain yang telah dibuat.



7. Klik nama domain yang ingin di konfigurasi.

8. Pada kolom Add a record:

- Fully Qualified Domain Name: -> masukan www

- Record Type: -> pilih Cname

 - Record Value: -> masukan ghs.google.com



9. Kemudian klik button Add Record

10. Pada tahapan ini semua proses sudah selesai. Lihat pada kolom Current Record: jika tampak seperti gambar dibawah maka setting Cname kita sudah berhasil.





Setting pada Domain Manage:


 

Setelah kita melakukan setting pada DNS sekarang yang dilakukan yaitu melakukan setting pada Domain Manage,  yang harus diingat setting pada domain manage biasanya berbeda tergantung layanan domain service dimana kita melakukan registrasi, namun rata-rata pada domain manage mempunyai setting untuk mengarahkan nama domain ke server tujuan yang akan digunakan.

Karena saya menjelaskan menggunakan layanan EveryDNS maka nama server tujuan untuk domain yang akan digukanan adalah sebagai berikut: 


ns1.everydns.net

ns2.everydns.net

ns3.everydns.net

ns4.everydns.net

 


Setting pada Blogger


 

Pilih tab Pengaturan -> Publikasikan -> arahkan pada "Domain Anda" kemudian masukan nama domain. contoh : www.o-om.com atau blog.o-om.com

Contoh setting pada blogger:



 

Pada tahapan ini semua proses telah selesai...dan selamat sudah punya nama domain sendiri :)


 

Informasi :


 

Setelah semua proses diatas kita tidak bisa langsung mengakses nama domain, waktu yang perlukan mungkin agak lama bisa sampai 1x24 jam bahkan pada beberapa informasi ada yang sampai 48 jam. sering-sering saja melakukan ping atau melakukan pengecekan berkala dengan mengetikan manual pada web browser atau bisa mengunakan tools WinMTR jika diperlukan.

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak dan sesuai dengan topik artikel :)
 

Back to Top