PLEASE DISABLE YOUR ADBLOCK OR DNS BLOCKED FOR SUPPORT THIS SITE!

Blog Inspirasi Digital

Blog Inspirasi Digital

Tutorial Mikrotik, Hotspot, Blog, SEO, WEB 2.0, HTML, CSS, Javascript dan Inspirasi Digital

FeedJournal: Membuat Koran Digital (NewsPaper)

Artikel sebelumnya pernah saya jelaskan bagaimana mengkonversi blog menjadi buku, kali ini kita akan membuat sesuatu yang berbeda yaitu mengkonversi Rss Feed Blog atau Website menjadi sebuah Koran Digital (Digital NewsPaper). Ternyata bukanlah hal yang mustahil kita bisa mencetak lalu menerbitkan koran made in sendiri dan ini hanya berbekal RSS Feed atau Atom, bayangkan jika rekan sebagai pencari berita secara online mengumpulkan beberapa Feed jadi satu lalu mencetaknya hanya beberapa klik saja, klik disini untuk sample Koran. Selain itu untuk berburu feed bukanlah hal yang sulit kita tinggal mengunjungi saja beberapa layanan yang memang sudah dikhususkan untuk urusan ini coba sambangi  http://www.plazoo.com atau menggunakan beberapa format feed pada blog dan website yang bertebaran di jagat maya, contoh Feed blogger http://namablog.blogspot.com/atom.xml atau /rss.xml, Feed wordpress http://namablog.wodrpress.com/Rss.xml, Feed Burner  http://feed.feedburner.com/namafeedkamu dan layanan Feed pihak ketiga lainnya.


FeedJournal merupakan layanan yang memungkinkan kita untuk mencetak feed menjadi sebuah Koran Digital (Digital NewsPaper), hampir semua format Rss feed atau Atom bisa digunakan.

With FeedJournal you decide what gets printed in your daily newspaper!
Why spend more time than necessary reading on your computer screen? Print out your favorite content in a time-tested, elegant format. You read 25% faster on paper! FeedJournal is an award-winning solution for converting Internet content to a newspaper

Cara kerja layanan ini cukup simple dimana layanan ini akan mengkonversi dan menggabungkan beberapa Feed yang ada (default) atau Feed yang di input oleh user sendiri kemudian mencetak menjadi Koran yang siap di terbitkan.


Cara Membuat Koran digital (Digital NewsPaper)

1. Pertama klik http://www.feedjournal.com

2. Lalu pilih FeedJournal Reader

3. Kita akan masuk Form login, jika belum memiliki Account bisa pilih Register new user

4. Pada kolom Sign Up isikan beberapa data yang diminta.

5. Pada Personal detail kita akan diminta mengisikan data pribadi, alamat dan ukuran koran yang akan dibuat.



6. Sampai disini proses pendaftaran selesai.

7. Sekarang saatnya kita membuat koran, pada halaman ini kita disuguhkan beberapa Feed default.

8. Untuk mencoba pertama kali coba pilih sembarang Link Feed yang ada pada Use articles published.

9. Setelah memilih Feed di sebelah kanan akan muncul tabel baru yang berguna untuk menentukan judul mana saja yang ingin di terbitkan, jangan lupa beri tanda centang pada Publish pilihan.

10. Jika ingin mengikutsertakan gambar beri tanda centang pada Use Images dan Include images in newspaper.



11. Sekarang saatnya mencetak menjadi koran digital, tekan tombol Generate Newspaper.

12. Perlu rekan ketahui format yang dicetak sebagai ekstensi PDF dan ketika rekan menekan tombol Generate Newspaper setelah proses selesai rekan menerima file yang bisa langsung di download. silahkan di donload untuk melihat hasil cetakannya :)


Cara Menambah Feed

1. Pilih New Feed pada Use articles published

2. Kemudian akan muncul form isian, isikan alamat valid feed yang ingin kita gunakan, contoh Feed blogger http://namablog.blogspot.com/atom.xml

3. Pilih Section untuk menentukan kriteria yang sesuai, jika tidak ada kita bisa menambahkan sendiri dengan memilih New Section.

4. Lalu klik tombol Submit.



Cara Menghapus Feed

1. Pilih salah satu link Feed pada Use articles published

2. Kemudian pilih Delete Feed

3. lalu tekan OK


BERI KOMENTAR

Maaf untuk sementara waktu komentar di blog ini di nonaftifkan.

 

Back to Top