PLEASE DISABLE YOUR ADBLOCK OR DNS BLOCKED FOR SUPPORT THIS SITE!

Blog Inspirasi Digital

Blog Inspirasi Digital

Tutorial Mikrotik, Hotspot, Blog, SEO, WEB 2.0, HTML, CSS, Javascript dan Inspirasi Digital

Aplikasi Tracking Content via FairShare

Maaf, Judul "Melacak si Tukang "COPAS" via FairShare" mungkin terlalu kontroversial, jadi saya revisi saja dengan judul yang baru :)

Fairshare merupakan aplikasi tracking content yang terbilang handal, karena fungsi layanan ini memungkinkan kita (sebagai pemilik artikel) melacak siapa saja yang terdeteksi melakukan Copy-Paste (copas) pada tulisan secara menyeluruh ataupun hanya sekedar mengutipnya secara setengah2. Aplikasi Fairshare yang baru saja dipublikasikan awal tahun 2009 ini tentu saja membawa angin segar bagi pemilik original content. Kita tidak perlu lagi bekerja dengan extra melakukan pelacakan secara manual, dan biarkan Fairshare yang melakukan tugas ini untuk anda. Anda cukup menunggu saja laporan secara berkala setiap kali Fairshare menemukan target melalui alamat Rss Feed yang tentunya sudah terdaftar terlebih dahulu di Fairshare.



Fairshare bekerja dengan cara menganalisa sejumlah besar teks yang dipublikasikan melalui alamat Rss feed. Sekilas memang mirip dengan cara kerja CopyScape namun sangat berbeda pada hasil laporannya. Setiap laporan yang yang tampilkan Fairshare terlihat lebih rinci, mulai dari alamat URL target, Title apa saja yang telah diduplikasi,  berapa % artikel yang mirip dengan konten aslinya, berapa banyak karakter yang telah di Copas, apakah si peng-copas ini memberikan backlink atau tidak, serta adanya laporan apakah artikel yang diduplikasi ini juga tertanam iklan didalamnya. Untuk contoh mudahnya silahkan lihat hasil laporan dibawah:



Saat saya menulis artikel ini, aplikasi Fairshare sebenarnya telah mendapat dukungan dari pihak Linsensi Creative Commons (CC) yaitu sebuah organisasi yang mengatur perlindungan tentang "hak cipta", tapi pihak Fairshare tetap saja mengatakan layanan mereka ini bebas digunakan secara gratis tanpa memerlukan lisensi sama sekali. Nah, kalo sudah seperti ini yang mana yang bener ya..anda bingung juga kan? kalo gitu sama dong hehehe


Semoga saja dengan aplikasi fairshare dapat mengurangi aktifitas "asal" copy-paste. Terus terang saja, saya tidak pernah membenci siapun yang melakukan copy-paste pada semua artikel saya, asalkan tetap mencantumkan link ke sumbernya sebenarnya :). Yah, silahkan dimanfaatkan untuk tujuan positif aja :)

BERI KOMENTAR

Maaf untuk sementara waktu komentar di blog ini di nonaftifkan.

 

Back to Top