PLEASE DISABLE YOUR ADBLOCK OR DNS BLOCKED FOR SUPPORT THIS SITE!

Blog Inspirasi Digital

Blog Inspirasi Digital

Tutorial Mikrotik, Hotspot, Blog, SEO, WEB 2.0, HTML, CSS, Javascript dan Inspirasi Digital

Compress Javascript dengan YUI Compressor

Percaya nggak desain web site/blog tanpa javascript ibarat sayur tanpa garam? bagaimana mungkin sebuah aplikasi web profesional tidak didukung dengan javascript ini. Silahkan anda cek sendiri web site kelas dunia diluar sana yang kebanyakan menggunaan fitur AJAX seperti Yahoo, Google dan  Facebook apa mereka menghindari script yang satu ini, gak mungkin lah hehehe jadi jangan pernah berpikir menghindarinya jika kita hanya berpikiran untuk masalah kecepatan loading website. Pemakaian Javascript yang wajar-wajar saja saya rasa tidak ada masalah, asalkan memang didukung dengan server yang mumpuni, terlebih yang menggunakan platform blogspot yang dihost langsung pada platform tersebut..coba silahkan buka kembali tutorial lawas saya disini yang membahas cara host javascript langsung di blogspot.

 

Sebenarnya banyak sekali tools javascipt compressor diluar sana yang bisa kita coba, namun hanya sedikit yang benar-benar bekerja dengan baik menurut saya. Dari sekian banyak tools yang saya coba hanya YUI Compressor  yang dikembangkan langsung melalui dapur Yahoo Developer  Network ini saja yang benar-benar berkerja tanpa kesalahan (error). Ini sudah saya  buktikan pada beberapa blog blogspot saya dan semuanya bekerja dengan sempurna. silahkan cek langsung pada zoomtemplate.com dengan melihat source codenyanya secara langsung melalui browser kita masing-masing.

 

Ok lah mungkin sebagain dari blogger kurang setuju menggunakan javascript dengan alasan kecepatan, tapi jika kita terpaksa tetap menggunakannya ya mau tidak mau kita harus mencoba merampingkannya dengan cara mengompress script tersebut. Tujuannya agar ukurannya menjadi lebih kecil dari ukuran semula dan tentu saja paling tidak loading page blog kita jadi sedikit lebih cepat :)

 

Ada beberapa layanan Online yang sudah support YUI Compressor yang bisa kita coba, diantaranya yang sering saya gunakan adalah YUI Compressor Online dan Online YUI Compressor. Cara menggunakan layanan ini juga tidak sulit, kita tinggal memasukan saja semua kode javascript yang ingin di-kompresi, ingat! tanpa memasukan tag <script type='text/javascript'>..</script> tapi hanya kode utamanya saja.


Tampilan Online YUI Compressor

 

Tampilan YUI Compressor Online

 

Sebenarnya saya sekali ingin menjelaskan panjang lebar semua mengenai YUI Compressor, namun saya yakin dari pada kalian bosan membacanya mending pelajari saja ya secara langsung dialamat websitenya disini :)

BERI KOMENTAR

Maaf untuk sementara waktu komentar di blog ini di nonaftifkan.

 

Back to Top