Blog Inspirasi Digital

Blog Inspirasi Digital

Tutorial Mikrotik, Hotspot, Blog, SEO, WEB 2.0, HTML, CSS, Javascript dan Inspirasi Digital

Hindari Menggunakan PCQ pada Queue tree Mikrotik

Sebaiknya Hindari Per Connection Queue (PCQ) dalam QOS management Bandwith Mikrotik

Hindari menggunakan PCQ dalam Queue Tree apabila menggunakan Simple Queue secara bersamaan, alasan paling sederhana adalah menghemat CPU, karena PCQ sangat menguras memori, selain itu jika kalian sejeli saya kalian pasti paham kenapa kalian tidak bisa mencapai full trafik di client dengan limit yang besar dan kenapa PCQ hanya akan mengurangi responsif, coba bandingkan saat browsing menggunakan PCQ dan hanya menggunakan queue type default, hasilnya sangat berbeda dengan kondisi trafik padat..ingat sekali lagi ini kondisi dimana simple queue dan queue tree digunakan bersamaan.




Tapi kan fungsi PCQ otomatis membagi rata trafik om? memang benar, tapi ini kondisi dimana kalian tidak harus menggunakan simple queue, saya paham yang di maksud, dengan tujuan queue tree sebagai managemen bandwidth dan simple queue sebagai limiter, betul kan? ok kalau hanya untuk membagi rata bandwidth secara hirarki itu sudah tugas dari HTB (Hierarchical Token Bucket) pada simple queue tanpa harus menambahkan PCQ lagi di queue tree dan yang perlu saya ingatkan lagi mulai versi ROS 6.xx queue tree lebih dahulu dijalankan kemudian barulah ke simple queue.

Dulu saya juga menggunakan PCQ bersaman dengan simple queue, karena kondisi network yang saya pegang sangat kecil, hanya di area kantor, cafe dan warnet, setelah bermain di ribuan client dengan bandwidth lebih dari 1Gbps saya baru paham yang saya lakukan selama ini keliru.

Saya bukan master apalagi pakar, saya tidak bersertifikat resmi dan hanya bermodal otodidak dari pengalaman, mungkin ada yang akan menyanggah saya secara teori tapi kondisi real dilapangan akan berkata sebaliknya 🙂

BERI KOMENTAR

Maaf untuk sementara waktu komentar di blog ini di nonaftifkan.

 

Back to Top