Blog Inspirasi Digital

Blog Inspirasi Digital

Tutorial Mikrotik, Hotspot, Blog, SEO, WEB 2.0, HTML, CSS, Javascript dan Inspirasi Digital

Free DNS Hosting Service via Xname

Setting Cname Record pada Xname untuk Blogspot Custom domain.

Sebelumnya pernah saya jelaskan setting Cname Record dengan meminjam layanan Free DNS Hosting pada DNSPark dan EveryDNS, kali ini saya coba jelaskan pada layanan DNS Hosting gratis lainnya Xname.org. Sebenarnya setting pada DNS hampir sama saja, yang membedakan hanya arah tujuan server. Pada Xname kita menggunakan zona host Primary ns0.xname.org dan secondary ns1.xname.org | ns2.xname.org. Sedangkan untuk input Cname Record bisa menggunakan nama alias "www" dan pastikan arah record tetap tertuju ke ghs.google.com. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah setting dibawah ini:


1. Buat user baru disini


2. Silahkan mengisi form pendaftaran, lihat contoh dibawah:



 

3. Pilih menu "Create Zone" kemudian masukan nama domain, lalu pilih dengan memberi tanda centang pada "primary" lalu tekan tombol create.

 


4. Bila input nama domain berhasil, klik link "modification interface", sekarang tinggal melakukan input setting pada Cname Record.


 

Pada tahapan ini setting Cname Record Pada Xname sudah berhasil

 

Setting pada Domain Manage:


Setelah melakukan setting DNS, sekarang lakukan setting pada Domain Manage,  yang harus diingat setting pada domain manage biasanya berbeda, namun rata-rata mempunyai setting untuk mengarahkan nama domain ke server tujuan. karena saya menjelaskan menggunakan layanan Xname.org maka nama server tujuan seperti dibawah ini: 


ns0.xname.org.

ns1.xname.org.

 


Setting pada Blogger:

 

Pilih tab Pengaturan -> Publikasikan -> arahkan pada "Domain Anda" kemudian masukan nama domain. contoh : www.o-om.com atau blog.o-om.com

Contoh setting pada blogger:



 

Pada tahapan ini semua proses telah selesai. Selamat mencoba :)

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak dan sesuai dengan topik artikel :)
 

Back to Top