Blog Inspirasi Digital

Blog Inspirasi Digital

Tutorial Mikrotik, Hotspot, Blog, SEO, WEB 2.0, HTML, CSS, Javascript dan Inspirasi Digital

Analisis Google Keyword (Keyphrase/Tracking) dengan Digitalpoint

Digital point Keyword Tracking merupakan alat bantu yang memungkinkan kita untuk melacak posisi situs atau blog dengan Keyphrase/ Tracking pada google, Yahoo, MSN.

Kata kunci (keyword) pada google merupakan hal yang harus tetap diperhatikan, melihat dari data trafik yang ada pengunjung blog saya cenderung lebih banyak dari Search Engine,  dari data trafik yang saya ambil dari Google analytics terlihat bahwa -> Search Engines 611 (44.37%), Referring Sites 452 (32.82%), Direct Traffic 314 (22.80%) "sudah..cukup..om..kami gak butuh info ini...ok lanjut.." langsung pada malasah ya :). Mengamati langsung kata kunci (keyword) pada search engine Google merupakan hal yang membosankan dan hanya membuang waktu, yang jelas kita pasti menemui kesulitan jika mengamati setiap saat perubahan yang terjadi terhadap keyword, andai kata kita mempunyai 30 kata kunci utama yang sekiranya bakal digunakan orang dalam pencarian, apa bisa kita memantau perubahan keyword tersebut secara manual dengan mencatat pada sebuah kertas atau hanya menggunakan daya ingat? suer..rasanya gak mungkin. Untuk mengatasi masalah ini kita bisa menggunakan alat bantu biasanya dinamakan Keyphrase atau Tracking. Alat bantu ini memungkinkan kita untuk melacak posisi situs atau blog dengan Keyphrase pada google, Yahoo, MSN.


Sekilas tentang kelebihan Digital point Keyword Tracking

Sebenarnya atat bantu Keyphrase atau Tracking sangat banyak, Google pun sebenarnya mempunyai layanan untuk menganalisis keyword secara lengkap Google AnalyticsEntah kenapa saya tidak menyukai Google Analitycs dan saya jadikan sebagai alternative ke dua setelah Digital point. Saya tetap menyarankan kita menggunakan layanan pada digital point sebagai pilihan utama, selain lebih mudah dimengerti, kemudahan dan kecepatan lah menjadi andalan, karena berbasis online jadi kita bisa mengakses kapan saja kita mau, bandingkan jika kita harus membawa kemana saja Tools Rank Tracker :). Kelebihan pada layanan ini kita dapat mengamati perubahan kata kunci (keyword) kita setiap saat, hasil analisis juga akan disimpan dalam bentuk tabel, dari sini dapat diketahui apakah rangking keyword kita pada pada search engine mengalami peningkatan atau malah mengalami penurunan. Selain melakukan analisa keyword, kita juga bisa mengamati situs atau blog yang berkenaan dengan backlink dan jumlah link pada Search Engine Google. Ups lupa, layanan ini juga support bahasa indonesia, trus yang paling saya sukai dari layanan ini...GRATIS!
WARNING!   Sayangnya untuk menggunakan layanan ini kita harus mempunyai kode Google Api's (Daftar disini)


Untuk contoh saya beri penjelasan sedikit. Coba lihat analisis kata kunci (keyword) milik saya dibawah ini:



Pada kolom nilai (lihat tanda panah diatas) merupakan posisi keyword kita pada Google. Analisis diatas berdasarkan pada google.com , yang perlu kita ketahui bahwa ranking pada google.com tidak akan sama jika kita menggunakan google.co.id, sebagai contoh salah satu kata kunci diatas pada posisi 25 setelah menggunakan  google.co.id dengan kata kunci yang sama ternyata posisinya berada pada  posisi yang lebih baik (untuk penjelasan ini mungkin akan saya sampaikan pada artikel berikutnya)


Masih pada kolom nilai, jika ada informasi angka 1+2 ini berarti google menampilkan 2 katakunci yang paling relevan dan ditampilkan secara berurutan.


 

Lihat juga analisis backlink dan jumlah link yang terdapat pada Search Engine Google.



Cara mendaftarkan situs atau blog pada layanan DigitalPoint:


Klik link dibawah ini untuk mendaftar pertama kali


http://www.digitalpoint.com/tools/keywords/?action=create&lang=indonesian



Catatan : Lihat tanda panah warna merah, sebelum mendaftar pada layanan ini kita harus mempunyai kode Google Api's (Daftar disini) tanpa Google API kita tidak akan mendapat hak akses pada layanan ini.

 

Cara memasukan kata kunci (keyword)



Pada kota isian kata kunci kita bisa memasukin kata kunci yang akan di monitor, sebagai contoh lihat gambar diatas (jika kita ingin memasukan banyak katakunci sekaligus, tinggal klik link "Tambahan Banyak"), yang menarik disini kita tidak hanya memonitor kata kunci milik kita saja, kita juga bisa memonitor blog atau website lain jika memang digunakan sebagai analisis perbandingan kata kunci.

Tips : agar hasil maximal sebaiknya jangan hanya masukan 1 kata kunci, masukan minimal 2 - 4 kata kunci yang paling relevan sebagai keyword andalan yang akan dimonitor  nantinya.


Cara memasukan situs atau blog yang akan dimonitor



Catatan : masukan alamat situ atau blog tanpa (http://), Yang menarik,  kita juga dapat memonitor blog atau situs lain sebagai analisis perbandingan. Saya beri rahasia sedikit untuk melihat perbandingan nilai PR. Seandainya kamu memasukan alamat blog/situs dengan PR 6/10 coba lihat berapa banyak back link terhadap alamat tersebut serta perhatikan pula banyak jumlah link  halaman search engine, ini bisa jadi hal yang menarik untuk kita amati apakah PR 6/10 harus mempunyai banyak back link atau malah sebaliknya :)  


Kita juga bisa melakukan perubahan terhadap arahan search engine, misalnya Membatasi Peringkat Pada Salah Satu Negara dan Membatasi Peringkat Pada Salah Satu Bahasa.



Cara menampilkan analisa dengan modus Grafik



Untuk menampilkan hasil analisa dalam modus grafik kita tinggal memilih kata kunci atau alamat url yang ada dalam daftar, mungkin tidak perlu dijelaskan secara rinci caranya saya yakin kalian pasti bisa khan pake indonesia today hihihihi :)


Lihat contoh analisis keyword dalam modus grafik dibawah ini :

 

Setelah mencoba menganalisis mungkin rekan akan bertanya kepada saya kenapa Yahoo.com dan Msn.com tidak bisa di gunakan, bukannya tidak bisa namun kita harus mengaktifkan fasilitas ini terlebih dahulu, selain itu kita harus mempunyai server yang support php (kayaknya ini gak terlalu diperlukan jika kita hanya menggunakan layanan blogger) namun bagi yang menggunakan hosting sendiri tidah ada salahnya untuk mencoba fasilitas ini.


Caranya : Tinggal Copy/Paste kode PHP dibawah ini, simpan dengan nama apasaja, jangan lupa menambahkan ektensi file .PHP, kemudian lakukan upload file ke server, keterangan selengkapnya bisa dibaca disini http://www.digitalpoint.com/tools/keywords/advanced_script.html 

 

 

 

Jika ada pertanyaan saya mohon jangan di shoutbox ya tapi masukan di kolom komentar atau bisa kirim pertanyaan ke email saya. thanks

Selamat mencoba, Happy Blogging :)

BERI KOMENTAR

Maaf untuk sementara waktu komentar di blog ini di nonaftifkan.

 

Back to Top