Blog Inspirasi Digital

Blog Inspirasi Digital

Tutorial Mikrotik, Hotspot, Blog, SEO, WEB 2.0, HTML, CSS, Javascript dan Inspirasi Digital

Tips Menggunakan VPN Untuk Game di Mikrotik

Haruskah Menggunakan VPN untuk Game di Mikrotik dan kapan sebaiknya kita perlu menggunakan VPN?
  • Jika kita memisahkan 2 jalur ISP antara Game dan Browsing di router Mikrotik, pastikan koneksi VPN berada pada ISP jalur Game, Caranya kita harus melakukan Static Routing untuk jalur VPN tersebut dan memastikan IP VPN berada pada jalur ISP Game.

    vpn game


  • Apapun Gamenya saat loading pertama kali dan stay di lobby kita masih berapa pada port 80 dan 443, port Game sangat unik dan random dan hanya bekerja saat in Game atau saat Game mulai di mainkan, jadi agar koneksi Game bisa masuk ke jalur VPN kita wajib mengetahui IP dan Port Game, paling tidak mengetahui salah satunya saja.

  • Fungsi VPN untuk Game berguna untuk mempersingkat HOP ke Server Game biar jarak tempuh lebih ringkas, tentu saja efeknya Latency, Jitter dan Ping makin kecil. Contoh mudahnya, dengan VPN IP Singapura (SG) kita berasa main secara langsung di server Game yang ada di Singapura, padahal posisi kita sendiri di Indonesia. jadi seakan2 kita bermain langsung di local negara mereka.

  • Tidak semua Game boleh memakai VPN dan tidak semua Game bagus pake VPN, beberapa negara melarang menggunakan VPN jika ketahuan mungkin ID kita bisa kena Banned, contoh salah satunya Game fortnite, Game ini sangat sensitif jika menggunakan VPN, contoh lain jika kita menggunakan VPN IP Singapura dan rencana di gunakan untuk Game di Indonesia seperti Point Blank tentu saja ip tersebut akan di tolak. jadi bisa disimpulkan tidak semua Game boleh dimainkan menggunakan VPN.

  • VPN wajib digunakan jika koneksi local ISP kita tidak terlalu bagus latencynya, maka ada baiknya kita menggunakan VPN sesuai dengan lokasi Server Game berada, paling tidak kita berapa pada IP VPN yang di support hampir di semua negara, seperti VPN IP negara Singapura salah satunya.

BERI KOMENTAR

Maaf untuk sementara waktu komentar di blog ini di nonaftifkan.

 

Back to Top