PLEASE DISABLE YOUR ADBLOCK OR DNS BLOCKED FOR SUPPORT THIS SITE!

Blog Inspirasi Digital

Blog Inspirasi Digital

Tutorial Mikrotik, Hotspot, Blog, SEO, WEB 2.0, HTML, CSS, Javascript dan Inspirasi Digital

Mikrotik Failover Script Generator - Recursive, Netwatch and Check-Gateway

Mikrotik Failover Script Generator - Recursive, Netwatch and Check-Gateway

Tool Failover Script Generator yang saya rancang saat ini adalah salah satu cara mudah membuat failover dan meminimkan kesalahan penulisan script failover. Sebenarnya dalam tool ini saya sematkan juga fungsi failover untuk load balancing PCC, NTH dan ECMP, tapi setelah saya pikir2 kembali saya terpaksa harus menghapusnya biar dapur saya dan kawan2 jasa setting tetap ngebul 😃

Failover adalah metode routing otomatis untuk memindahkan jalur ISP utama ke jalur ISP Backup ketika terjadi down dan posisinya akan berpindah kembali otomatis ketika jalur utama sudah Up kembali.

Failover dengan Check Gateway
Failover dengan check gateway adalah fungsi yang paling simple dari semua failover karena teknik ini hanya melakukan pengecekan ping melalui IP gateway terdekat yaitu modem, sayangnya teknik ini tidak mampu mendeteksi kondisi internet di luar modem apakah bener2 sedang down.

Failover dengan Recursive Gateway
Failover dengan recursive gateway adalah perbaikan dari failover check-gateway dimana teknik ini router dapat langsung melakukan pengecekan ping dengan mengubah nilai scope/target scope ke gateway di luar modem, sebagai contoh recursive gateway ke dns 1.1.1.1 atau 8.8.8.8 atau 4.2.2.1 yang jarang terjadi down.

Failover dengan Netwatch Script

Failover dengan Netwatch Script jauh lebih flexibel, salah satu keuntungan menggunakan Netwatch ini adalah kecepatan perpindahan dari satu jalur ke jalur yang lainnya bisa lebih cepat. selain itu kita juga bisa memasang script tambahan misalkan untuk laporan down di log mikrotik, send email, sms atau telegram.

MIKROTIK FAILOVER SCRIPT GENERATOR

Jika ingin memberikan Donasi: https://saweria.co/buananetpbun

Jangan lupa follow saya di github biar saya berikan generator hebat lain-nya https://github.com/buananetpbun

Kumpulan script generator saya lainnya bisa lihat disini https://buananetpbun.github.io



BERI KOMENTAR

Maaf untuk sementara waktu komentar di blog ini di nonaftifkan.

 

Back to Top